Pep Guardiola Cari Algojo Tendangan Penalti Tetap

Penulis: Mochammad Muaz
Minggu 14 Feb 2021, 13:30 WIB
Pep Guardiola masih butuh eksekutor penalti. (Gambar: AS)

Pep Guardiola butuh algojo penalti terpercaya. (Gambar: AS)

Berita Sepakbola Inggris: “Itu bukan tendangan penalti yang bagus” – pelatih Manchester City Pep Guardiola angkat bicara soal tendangan penalti Rodri dan ungkapkan niatnya untuk miliki seorang ‘spesialis’ yang akan melakukan eksekusi penalti secara tetap.

Meskipun sang penggawa Spanyol berhasil menyarangkan tendangan penaltinya dalam pertandingan hari sabtu lalu, Pep masih mencari opsi permanen untuk menjadi eksekutor dari jarak 12 yard.

Sang gelandang berhasil menjebol gawang Hugo Lloris dari titik putih dan membawa timnya memimpin pertandingan, seminggu setelah Ilkay Gundogan gagal mengemban tanggung jawab yang sama melawan Liverpool.

Pada akhirnya Manchester City memenangkan pertandingan 3-0, namun Guardiola masih belum yakin bahwa Rodri adalah solusi yang tepat untuk menjadi eksekutor dalam jangka panjang.

“Apakah Rodri adalah eksekutor kami sekarang? Bukan,” jawabnya pada BBC Sport.

“Saya mengagumi keberaniannya mengambil tendangan penalti namun itu bukanlah sebuah tendangan yang bagus. Saya tidak bercanda, saya sungguh-sungguh khawatir mengenai hal ini.”

“Kami akan mempercayai seorang spesialis yang mampu melaksanakan tugas tersebut dengan sempurna. Kami perlu latihan.”

Di samping keraguan dan kekhawatiran tentang tendangan penalti, Pep terlihat puas dengan hasil yang diraih timnya melihat posisi Manchester City di puncak klasemen Premier League semakin kuat menyusul kemenangan ke-16 secara beruntun di semua kompetisi.

“Mereka layak mendapatkannya, mereka membentur tiang gawang beberapa kali dan hal tersebut dapat mempengaruhi hasil pertandingan namun gaya bermain yang kami inginkan berhasil kami terapkan. Tottenham adalah tim yang special, kami pernah bermain baik melawan mereka namun tetap kalah 2-0,” tambahnya.

“Mereka tidak perlu menambahkan apapun untuk menciptakan peluang. Yang penting adalah kualitas dang strategi pelatih mereka. Kami puny acara khusus dalam bermain dan kami akan terus melanjutkannya, kami harus bersabar, bersabar. Tetap kalem.”

Setelah melencengnya penalti Gundogan, Guardiola bercanda bahwa kiper Ederson kini dapat menjalankan tugas penting tersebut.

Ia kembali bicara mengenai topik tersebut hari Sabtu lalu dengan nada bercanda.

“Jika kita membicarakan Ederson, kita melihat assist yang ia berikan, [dari jarak] 60-70 yard, kalua begitu ia pasti bisa mencetak gol dari jarak 12 yard!” candanya.

“Dalam hal kualitas tendangan, Ederson adalah yang terbaik namun tendangan penalti itu berbeda. Saya senang akan keberanian Rodri untuk mengambilnya.”

“Saya harus berpikir lagi. Liga Champions semakin dekat, kemudian Everton di perempatfinal Piala FA – dan kami masih belum punya spesialis tendangan penalti, itulah kenyataannya.”

Artikel Tag: Pep Guardiola, Manchester City

945  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini