Penjelasan Pelatih Persib Pilih Sato Jadi Pemain Asing Anyar

Penulis: M. Aldi
Minggu 12 Jun 2022, 20:00 WIB
Tim pelatih Persib menjelaskan alasan merekrut Daisuke Sato

Yaya Sunarya ketika diwawancara

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Keputusan mengejutkan diambil Persib soal penentuan sosok pemain asing Asia. Daisuke Sato yang berposisi sebagai bek kiri dipilih tim pelatih untuk melengkapi komposisi legiun asing. 

Sebelumnya jajaran kepelatihan memproyeksi pemain asing Asia adalah seorang pemain menyerang. Namun usai menilik lagi kebutuhan tim terutama setelah menggelar pemusatan latihan. Staf pelatih menilai kebutuhan cendrerung lebih pada pemain berposisi bek kiri.

"Tentunya ini menjadi pertimbangan buat kita semua karena kita melihat komposisi berdasarkan strategi, taktikal dan kekuatan pada setiap lini. Dan kita melihat sesuai dengan kebutuhan yang ada di dalam tim, makanya kita memilih di posisi itu," ujar Yaya Sunarya mewakili pelatih pada awak media ketika diwawancara.

Nama yang sebelumnya lebih ramai dibicarakan adalah Mark Hartmann. Karena dia masuk bidikan dan posisinya adalah penyerang. Tapi akhirnya pelatih mengalihkan bidikan dan mendatangkan kompatriotnya di tim nasional Filipina.

"Kenapa mengerucut ke Daisuke Sato, ya karena berdasarkan kebutuhan yang ada di dalam tim. Kita ingin tim ini bukan hanya kuat di first eleven saja tapi dicovernya juga sama, jadi balance," lanjut Yaya Sunarya.

Posisi bek kiri sendiri saat ini sudah diisi oleh David Rumakiek dan Zalnando. Dengan kehadiran Sato tentu akan membuat stok melimpah. Tapi Yaya Sunarya menyebut timnya tidak kelebihan opsi bek kiri dan justru semakin bagus untuk kedalaman skuat.

"Kita sesuaikan dengan kebutuhan. Kita tahu bahwa nanti kompetisi akan berjalan dengan normal dan tentunya kita tidak ingin misalnya ada salah satu pemain yang terpaksa absen karena akumulasi atau injury atau panggilan timnas misalnya mengurangi kekuatan tim," tuturnya.

Selain membuat kekuatan Persib makin merata baik starter maupun cadangan, opsi pelatih juga makin banyak. Sebab pemilihan pemain bisa disesuaikan dengan strategi dan permainan yang akan diterapkan. Karena dari ketiga bek kiri, ada yang lebih kuat dalam bertahan dan ada yang cenderung agresif dalam menyerang.

"Misalnya salah satu pemain lebih kuat ketika bertahan, atau pemain yang lain bisa lebih balance untuk menutup kekurangan saat menyerang dan bertahan. Tapi ada pemain yang misal posisinya di left back atau right back, tapi dia lebih dominan ketika melakukan attacking. Sehingga beberapa karakter itu jadi catatan khusus kita," tukas dia.

Artikel Tag: Daisuke Sato, Persib, Yaya Sunarya

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/penjelasan-pelatih-persib-pilih-sato-jadi-pemain-asing-anyar
1226  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini