Pelatih Persib Tawarkan Solusi Soal Kompetisi Jika Darurat Bencana Diperpanjang

Penulis: M. Aldi
Sabtu 23 Mei 2020, 23:30 WIB
Pelatih Persib Tawarkan Solusi Soal Kompetisi Jika Darurat Bencana Diperpanjang

Robert Rene Alberts

Berita Liga 1 Indonesia : Tanggal 29 Mei menjadi hari paling ditunggu oleh publik sepakbola di Indonesia. Pasalnya di hari tersebut akan ditentukan apakah kompetisi musim ini dilanjut atau tidak.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts pun berharap Liga 1 2020 yang sempat terhenti bisa kembali digelar pada 1 Juli. Sesuai dengan surat PSSI tanggal 27 Maret lalu yang berbunyi gelaran kompetisi bisa dilanjutkan jika masa darurat bencana Indonesia hingga 29 Mei tidak diperpanjang.

Namun jika saja nantinya masa krisis diperpanjang, maka Robert punya ide alternatif untuk PSSI. Dia menawarkan rencana berupa kompetisi dilanjutkan di sekitar bulan Agustus 2020 dan akan bergulir hingga tengah tahun 2021, seperti kompetisi di Eropa.

"Jika PSSI mengambil kesimpulan bahwa liga akan berhenti, kami berharap ada kebaikan dari PSSI supaya liga tetap dilanjutkan nanti, misalnya pada Agustus, dan liga bisa berlanjut hingga tahun depan antara bulan April atau Mei," ujar Robert ketika diwawancara.

"Jadi jika diputuskan liga berhenti, kami harap dimulai lagi pada Agustus dan berlanjut hingga April atau Mei tahun depan. Lalu musim berikutnya nanti dimainkan pada Agustus 2021 dan berjalan seperti sistem di Eropa," lanjut pria 65 tahun ini.

Robert menjelaskan kenapa penting bagi Indonesia untuk tetap menggelar liga. Karena pemain butuh ajang untuk berlaga guna mempersiapkan diri bermain bersama tim nasional. Robert juga menjelaskan keuntungan lain, jika kompetisi berjalan menjadi liga musim 2020/2021.

"Itu juga bisa membuka kesempatan pemain asing untuk datang ke Indonesia saat transfer window. Selain itu persiapan untuk tim nasional juga menjadi lebih bagus karena nantinya kami bisa lebih mengikuti aturan ketat soal kalender FIFA. Ada peraturan pemain harus memenuhi panggilan tim nasional dan liga harus memberi jeda waktu supaya mereka punya waktu istirahat," ujar dia.

"Faktor penting lainnya adalah memberi waktu untuk digelarnya Piala Indonesia. Jika semuanya lebih tersusun, Piala Indonesia jadi bisa digelar dan tentu itu bagus, itu (turnamen domestik) adalah turnamen paling bergengsi pada setiap negara di dunia, seperti Piala FA. Jadi jika liga dimulai kembali pada Agustus maka klub bisa bermain juga di Piala Indonesia," jelasnya.

Untuk saat ini Robert memang akan menunggu keputusan PSSI yang didasari ketentuan dari pemerintah. Robert pun siap menerima hasil yang diumumkan nanti. Namun dia juga berusaha memberikan solusi dengan menawarkan ide tersebut.

"Jadi kami akan menunggu untuk keputusan nanti tanggal 29, dan seperti yang saya katakan, ini adalah sudut pandang kami. Jika liga bisa digelar kembali Juli, maka keselamatan pemain serta orang yang terlibat harus diperhatikan, dan semua tentu harus mengikuti instruksi dari pihak otoritas kesehatan. Stadion juga harus tetap kosong karena terlalu beresiko untuk menularkan virus," ujarnya.

"Dan jika nanti diputuskan liga berhenti, proposal yang kami tawarkan adalah memulai lagi kompetisi di sisa tahun ini dan bermain hingga April atau Mei tahun depan, mengikuti kalender Eropa," pungkasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Corona

377  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini