Pelatih Persebaya Dukung Wacana Turnamen Pendek Sebagai Pengganti Liga

Penulis: Dayat Huri
Sabtu 11 Apr 2020, 16:00 WIB
Pelatih Persebaya Dukung Wacana Turnamen Pendek Sebagai Pengganti Liga

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso/foto dok Persebaya

Berita Liga 1 Indonesia: Wacana turnamen pendek yang dicanangkan PSSI sebagai alternatif pengganti apabila kompetisi musim ini harus dihentikan secara permanen mendapat tanggapan dari Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso.

Dia mengaku mendukung wacana PSSI itu, karena dengan menggelar sebuah turnamen, waktu yang dibutuhkan tidak akan begitu panjang.

"Itu (kompetisi pengganti) merupakan wacana yang bagus. Saya setuju. Karena kalau kompetisi kan butuh waktu yang panjang. Kalau turnamen pas dengan waktu yang mepet," jelasnya seperti dilansir laman Jawa Pos.

Menurut Aji, format turnamen itu bisa dilakukan dengan membagi beberapa tim ke dalam grup tertentu.

"Nanti setiap grup diisi berapa klub. Itu yang paling efektif," terang kapten Persebaya saat juara Liga Indonesia musim 1996-1997 tersebut.

Meski mendukung wacana tersebut, Aji berharap turnamen itu bisa dihelat setelah pendemi Covid-19 benar-benar berakhir di Indonesia. "Karena ini wabah kan sangat bahaya sekali," jelasnya.

Aji sejatinya tetap menunggu kepastian Liga 1 2020. Tapi, jika memang ditiadakan, dia berharap wacana turnamen pengganti bisa terealisasi.

"Karena itu bagus untuk mengisi kekosongan kompetisi musim ini. Karena kalau nggak ada kompetisi, kualitas pemain pasti menurun," imbuhnya.

Jika kompetisi bergulir pada Juni, masih ada waktu bagi seluruh tim untuk melakoni semua laga sisa. Masalahnya, jika Liga 1 2020 bergulir lebih lama, Aji yakin itu akan menyulitkan timnya.

"Misal kalau kompetisi baru jalan Agustus atau September, ini kan nggak ideal. Jadwal pasti sangat padat. Bisa-bisa sehari tanding, sehari libur. Daripada memaksakan Liga bergulir dan jadwal mepet kan malah tidak bagus," pungkasnya.

Artikel Tag: Liga 1, Persebaya Surabaya, Aji Santoso

669  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini