Passos Ungkap Alasan Tetap Gelar Latihan Bersama Kiper Persib

Penulis: M. Aldi
Sabtu 16 Jan 2021, 02:00 WIB
Pelatih kiper Persib, Luizinho Passos

Luizinho Passos (pelatih kiper Persib)

Berita Liga 1 Indonesia : Para pemain Persib kini sedang diliburkan karena nasib liga belum jelas. Namun lain hal bagi para penjaga gawang, mayoritas tetap mendapat porsi latihan di bawah arahan Luizinho Passos.

Kegiatan pelatih kiper dalam menggenjot pasukannya untuk berlatih kerap dibagikan di akun instagramnya. Terletak di salah satu lapangan mini soccer di Bandung, Passos rutin menggelar latihan yang diikuti oleh I Made Wirawan, Aqil Savik, Dhika Bayangkara dan Muhammad Natshir. Hanya Teja Paku Alam yang absen, lantaran sedang berada di kampung halamannya.

Pria berusia 46 tahun itu menjabarkan alasan kenapa dia tetap mengumpulkan kiper untuk berlatih. Karena menurutnya baik itu kondisi dan sentuhan kiper harus tetap terasah, maka latihan rutin bersama perlu dilakukan.

"Alasannya sederhana, setiap penjaga gawang butuh latihan tehnik yang spesifik, sehari-hari bersentuhan dengan bola. Yang mana kami mengembangkan beragam pergerakan tehnikal, koordinasi, kelincahan, kekuatan, kecepatan dan kekuatan. Ini adalah latihan yang spesifik dan sangat penting," ujar dia saat diwawancara,

Jumat (15/1). Latihan dengan program spesifik disiapkan oleh Passos di setiap pekannya. Seluruh aspek yang dibutuhkan oleh kiper pun coba disentuh untuk meningkatkan kualitas pasukannya. Baik itu fisik, tehnik, taktik dan mentalitas.

"Ya kami menyiapkan rencana latihan spesifik setiap pekan, saya yang memberikan waktu dan beban latihannya. Melibatkan semua tehnik fundamental yang dibutuhkan oleh para penjaga gawang," terang pria berkebangsaan Brasil tersebut.

Secara kondisi, anak asuhnya juga dalam situasi yang baik meski tim sebenarnya masih diliburkan. Motivasi I Made Wirawan dan kawan-kawan tetap terjaga supaya kapasitasnya tetap terpelihara di masa pandemi ini.

"Kondisi dari para penjaga gawang bagus, mereka sangatlah berdedikasi, selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dan Saya rasa mereka itu orang-orang yang begitu profesional," lanjut pria yang pensiun sebagai pemain di usia 26 tahun itu.

Selain membawa kiper berlatih bersama, Passos juga tetap rutin berolahraga untuk menjaga kondisinya. Dirinya tidak pernah absen untuk berlatih mandiri untuk mengisi waktu luang. Menurutnya ini harus dilakukan sebagai modal agar bisa tetap bugar dalam melatih kiper Persib.

"Saya selalu menyukai aktifitas fisik. Saya ingin kondisi fisik saya bugar agar bisa selalu memberikan latihan yang bagus bagi para penjaga gawang. Olahraga adalah kegiatan fisik dan bagus juga untuk kesehatan mental, dan saya suka dengan itu," tukasnya.

Artikel Tag: luizinho passos, Persib

621  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini