Passos Punya Motivasi Besar Lahirkan Kiper Hebat di Indonesia

Penulis: M. Aldi
Jumat 08 Jan 2021, 23:00 WIB
Pelatih kiper Persib, Luizinho Passos

Luizinho Passos (pelatih kiper Persib)

Berita Liga 1 Indonesia : Nama Luizinho Passos menjelma menjadi salah satu pelatih kiper paling top di Indonesia. Dirinya dikenal sebagai pelatih yang mempunyai beragam metode latihan dan piawai mencetak kiper hebat.

Padahal belum lama dirinya menginjakkan kaki di Indonesia sebagai pelatih. Dia didatangkan oleh Borneo FC sebagai pelatih kiper dan kiprahnya terus menanjak berkat polesan dia yang hasilnya ciamik.

Tiga tahun bersama Pesut Etam, Passos lalu dilirik serta direkrut oleh Persib Bandung. Pria berkepala plontos itu lantas mengaku kerasan tinggal di Indonesia. Terutama kota Bandung yang ditinggali dia setahun terakhir.

"Terima kasih untuk semua pihak yang sudah mendukung saya. Hampir empat tahun di sini dan saya sangat cinta Indonesia, khususnya Bandung," terang pria berpaspor Brasil tersebut ketika diwawancara oleh awak media di Bandung.

Passos pun berbagi cerita mengenai spirit dia yang bertekad membentuk kiper tangguh di Indonesia. Selama tiga tahun di Borneo FC, tiga nama muncul dan dua diantaranya kini jadi langganan tim nasional seperti Muhammad Ridho serta Nadeo Argawinata.

"Saya selalu termotivasi membuat setiap kiper menjadi kiper yang terbaik di negaranya. Pertama saya datang ke sini, ada Ridho (ketika di Borneo) dan Nadeo. Sebelumnya orang-orang belum tahu siapa mereka. Saya lihat ada motivasi, disiplin dan kemampuan hebat dari mereka," jelasnya.

Mentalitas yang sama pun diusungnya ketika hengkang ke Bandung. Situasinya berbeda karena di Persib sudah ada sejumlah kiper dengan nama tenar seperti I Made Wirawan serta Teja Paku Alam. Ada pula Aqil Savik yang memiliki rekam jejak bermain di timnas U-19.

"Begitu juga di Persib. Saat datang ke sini saya merasa bahagia karena fans di sini memberi apresiasi luar biasa. Persib juga memiliki kiper level atas seperti Made, Teja, Dhika dan satu kiper bertalenta luar biasa, Aqil," terang dia.

Terbaru, Aqil baru mendapat panggilan pemusatan latihan bersama tim nasional U-21. Kepercayaan itu pun membuatnya semakin senang karena polesannya kembali mendapat sorotan. "Saya senang karena Aqil Kembali lagi ke timnas," ujarnya.

Kondisi pandemi covid-19 juga ditegaskan Passos tidak jadi alasan baginya untuk berhenti menelurkan kiper berkualitas. "Meskipun situasinya seperti ini, saya tetap pada prinsip untuk tetap mencetak kiper-kiper andal di Indonesia," ujar dia memungkasi.

Artikel Tag: luizinho passos, Persib

581  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini