Mirip Bundesliga, Musim Depan Serie A Gunakan Ruang VAR Terpusat

Penulis: Uphit Kratos
Kamis 27 Feb 2020, 10:45 WIB
Mirip Bundesliga, Musim Depan Serie A Gunakan Ruang VAR Terpusat

Serie A-VAR/Calciomercato

Berita Liga Italia: Tiru Bundesliga Jerman, musim depan AIA akan gunakan ruangan khusus untuk VAR yang terpusat di kamp latihan timnas Italia di Coverciano.

Asosiasi wasit Italia (AIA-Associazione Italiana Arbitri) terus melakukan penyempurnaan terkait penggunaan VAR di Liga Italia, khususnya Serie A. Mulai musim 20/21, Serie A dipastikan akan mulai memusatkan ruang VAR di suatu tempat.

Dengan kata lain, wasit VAR tidak akan ada lagi di sekitar stadion. Mereka seluruhnya akan terpusat pada sebuah ruang yang berada di daerah Coverciano, yang merupakan markas latihan Timnas Italia, mempersiapkan para pelatih untuk mendapatkan lisensi, dan wasit menjalani kursus.

Sejauh ini, ruangan tersebut sebenarnya sudah ada untuk membantu wasit mengoperasikan VAR. namun khusus musim depan, semuanya akan terpusat di sana.

Cara yang diambil AIA sebenarnya sudah digunakan di sepakbola Jerman, dan bagi sepakbola Italia ini merupakan sebuah kemajuan besar, sekaligus dinilai sebagai langkah maju menyempurnakan VAR, dengan tujuan untuk membantu wasit lebih maksimal dalam menjalankan perannya.

Ruang khusus VAR tersebut akan difungsikan juga sebagai tempat untuk menjelaskan keputusan yang dibuat oleh wasit, sekaligus sebagai sumber informasi terbaru yang akan terbuka secara umum.

VAR sendiri kerap jadi kontroversi dalam beberapa pertandingan Serie A. Bahkan beberapa pihak menganggap kehadiran VAR bukan menjadi solusi, justru malah membuat keputusan wasit menjadi lebih aneh dan sulit diterima banyak pihak.

Artikel Tag: Serie A, wasit, VAR

954  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini