Mikel Arteta, Dari Pelatih Kepala Hingga Jadi Manajer Arsenal

Penulis: Fery Andriyansyah
Jumat 11 Sep 2020, 15:00 WIB
Mikel Arteta resmi menjadi manajer tim utama Arsenal

Mikel Arteta. (Foto: Getty Images)

Berita Liga Inggris: Arsenal mengumumkan perubahan peran yang signifikan untuk Mikel Arteta, yang sebelumnya pelatih kepala kini menjadi manajer tim utama.

Mikel Arteta telah menjabat sebagai pelatih kepala Arsenal sejak ditunjuk sebagai penerus Unai Emery pada Desember 2019, tetapi sekarang akan mengambil tanggung jawab tambahan dalam urusan transfer dan pekerjaan sepak bola umum bersama direktur teknik Edu.

Peran manajer memang sudah ditinggalkan The Gunners sejak dua tahun lalu, ketika Arsene Wenger meninggalkan klub setelah 22 tahun bertugas di Emirates Stadium.

"Itu adalah pengakuan atas apa yang dia [Arteta] lakukan sejak dia berjalan melewati pintu, tetapi juga di mana kami melihat kemampuannya," kata kepala eksekutif Arsenal, Vinai Venkatesham, tentang perubahan tersebut.

"Jadi dalam hal bagaimana itu akan bekerja, ke depan Mikel akan bergabung dengan tim yang sangat kuat dengan Edu dan mereka akan bekerja sangat, sangat erat untuk mengelola semua elemen lain dari operasi sepak bola kami yang sangat penting, apakah itu analisis, rekrutmen, berkinerja tinggi atau medis, mereka akan menjaga area tersebut bersama-sama.

"Dan mereka juga akan bersama-sama bertanggung jawab atas rekomendasi teknis kami, apakah itu pemain yang akan kami beli, apakah itu pemain yang akan kami jual, apakah itu pemain yang akan kami pinjamkan.

"Tentu saja, saya ikut bekerja sama dengan dewan direksi dan dengan pemilik klub dalam elemen keuangan untuk membuat keputusan akhir. Tapi itu akan menjadi tanggung jawab mereka dan saya pikir kami akan memiliki tim yang sangat dinamis untuk mendorong klub ini maju."

Arsenal hanya menempati peringkat kedelapan di Premier League musim lalu setelah awal yang buruk di bawah pemerintahan Unai Emery. Tetapi ada banyak tanda-tanda perbaikan bersama Mikel Arteta, dan The Gunners bisa memenangkan Piala FA dan Community Shield bulan lalu.

Arsenal telah mendatangkan duo Brasil, Willian dan Gabriel Magalhaes, sejauh musim panas ini. Mereka juga meminjam Dani Ceballos dari Real Madrid untuk semusim lagi, sementara bek Cedric Soares dan Pablo Mari sudah dipermanenkan oleh klub.

Artikel Tag: Mikel Arteta, Arsenal, Edu

680  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini