Menpora Kecewa Dengan Sikap Pemain Naturalisasi Di Timnas Indonesia

Penulis: Dayat Huri
Minggu 04 Jul 2021, 17:30 WIB
Menpora RI Zainudin Amali

Menpora RI Zainudin Amali/foto dok kemenpora

Ligaolahraga.com -

Berita Timnas Indonesia: Menpora RI, Zainudin Amali mengaku kecewa dengan sikap beberapa pemain naturalisasi yang dinilainya tidak memiliki keinginan kuat untuk memperkuat timnas Indonesia pada laga internasional.

Meski tidak menyebut nama, pernyataannya itu seperti mengarah kepada Elkan Baggot yang sempat batal bergabung dengan skuat Garuda jelang tampil pada babak Kualifikasi Piala Dunia di Uni Emirat Arab (UEA), beberapa waktu lalu.

"Yang lebih mengecewakan lagi ada pemain naturalisasi yang dipanggil untuk memperkuat Timnas yang akan bertanding di luar negeri malah beralasan macam-macam dan pulang ke kampung halamannya," kata dia seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Menurut Menpora Amali, perilaku pemain naturalisasi tersebut menunjukan tidak ada kepeduliannya terhadap kepentingan timnas Indonesia. 

"Dia sekedar main sepakbola saja tapi jiwa patriotisme dan nasionalisme rendah, sangat beda dengan pemain yang memang asli lahir, besar dan hidupnya di Indonesia," tegasnya.

Dia juga menilai hal itu tidak terlalu efektif dalam pembentukan skuat Garuda. Sebab kualitas pemain yang dinaturalisasi tidak terlalu berbeda dengan pemain asli dalam negeri.

"Pada saat turnamen pra musim Piala Menpora yang lalu, saya sangat serius memperhatikan kualitas pemain naturalusasi itu. Mereka belum bisa jadi panutan bagi para pemain asli kita," ujarnya.

Melihat kondisi itu, Amali menegaskan pemerintah akan memperketat proses naturalisasi pemain. Menurutnya, lebih baik baik memanfaatkan potensi pemain dalam negeri ketimbang mencari pemain dari luar negeri.

"Untuk naturalisasi akan saya perketat untuk semua cabang olahraga. Kita akan lihat seberapa besar urgensinya. Sebaiknya memanfaatkan potensi yang ada," jelasnya.

Artikel Tag: Menpora, amali, timnas Indonesia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/menpora-kecewa-dengan-sikap-pemain-naturalisasi-di-timnas-indonesia
1010  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini