Menpora Amali Tegaskan Bahwa Naturalisasi Hanya untuk Jangka Pendek

Penulis: Dayat Huri
Rabu 09 Nov 2022, 00:30 WIB
Menpora RI Zainudin Amali

Menpora RI Zainudin Amali/foto dok kemenpora

Ligaolahraga.com -

Berita Timnas Indonesia: Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora RI) Zainudin Amali menegaskan bahwa naturalisasi yang dilakukan PSSI dalam rangka memperkuat timnas Indonesia adalah untuk kebutuhan jangka pendek. Sementara untuk kebutuhan jangka panjang, pembinaan terhadap atlet-atlet asli Indonesia adalah hal utama yang mesti dilakukan.

Seperti diketahui, baru-baru ini Komisi X DPR RI telah menyetujui rencana naturalisasi pemain keturunan Belanda, Shayne Pattynama. Dia calon pemain naturalisasi ketiga yang sudah mendapat persetujuan untuk segera menjadi WNI, dua pemain lain adalah Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keduanya saat ini tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah sebagai WNI.

Meski sudah ada tiga calon pemain naturalisasi untuk memperkuat timnas Indonesia pada sejumlah event internasional ke depannya, Menpora Amali tetap menilai bahwa hal itu tidak cukup untuk jangka panjang.

"Jadi kita tidak mengandalkan naturalisasi (jangka panjang), naturalisasi adalah jangka pendek," katanya seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Menurutnya, naturalisasi untuk jangka pendek tersebut dibutuhkan karena ada kepentingan mendesak antara lain, pemain naturalisasi dibutuhkan untuk timnas Indonesia dalam pertandingan-pertandingan di FIFA Matchday untuk meningkatkan peringkat FIFA.

"Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan pemain-pemain seperti yang sudah kita naturalisasi dua orang (Jordi Amat dan Sandy Walsh) ditambah hari ini Shayne Elian Jay Pattynama. Tetapi sekali lagi, kita tetap bertumpu kepada pembinaan karena talenta kita tidak kurang-kurang, akademi-akademi di klub-klub itu juga melakukan pembinaan," tegasnya.

Bahkan, lanjut Menpora Amali Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu yang lalu telah melaunching Papua Football Academy yang isinya anak-anak usia 12 tahun.

"Itu adalah komitmen kita komitmen kami dengan PSSI. Bahkan sekarang sebagai wujud dari komitmen itu, untuk pembinaan usia dini PSSI dan Kemenpora bekerja sama melakukan kursus pelatih bagi mantan-mantan pemain Tim Nasional yang sekarang masih berlangsung di Bali," jelasnya.

Artikel Tag: Menpora, amali, timnas Indonesia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/menpora-amali-tegaskan-bahwa-naturalisasi-hanya-untuk-jangka-pendek
674  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini