Mengapa Arsene Wenger Tak Pernah Hadiri Pertandingan Arsenal?

Penulis: Fery Andriyansyah
Senin 12 Okt 2020, 17:30 WIB
Arsene Wenger bertugas selama 22 tahun di Arsenal

Arsene Wenger mengucapkan salam perpisahan kepada fans Arsenal di Emirates Stadium pada 6 Mei 2018. (Foto: Mike Hewitt/Getty Images)

Berita Liga Inggris: Arsene Wenger menjelaskan alasan mengapa dia tidak pernah menghadiri pertandingan Arsenal secara langsung di stadion setelah kepergiannya sebagai manajer pada 2018.

Manajer asal Perancis itu menghabiskan 22 tahun yang cukup mengesankan di London utara, memenangkan tiga gelar Premier League dan tujuh Piala FA. Dia masih satu-satunya manajer dalam sejarah Premier League yang menjuarai liga tanpa menelan kekalahan sepanjang musim, yaitu era The Invincibles pada 2003-04.

Namun dalam 14 tahun terakhirnya di Arsenal, Arsene Wenger gagal meraih gelar Premier League lagi sebelum kehilangan jabatannya sebagai manajer pada akhir musim 2017-18.

Tidak seperti pesaingnya Sir Alex Ferguson, yang menghabiskan 26 tahun di Manchester United sebelum pensiun pada 2013, pria berusia 70 tahun itu tidak pernah terlihat di pertandingan The Gunners sejak kepergiannya.

Menjelaskan tentang hal tersebut, The Professor mengatakan dalam sesi tanya jawab bersama The Guardian: “Itu adalah akhir dari sebuah kisah cinta. Dan ketika Anda tidak dapat berbicara lagi dengan orang yang Anda cintai, Anda tidak dapat pergi ke tempat latihan, Anda tidak dapat pergi ke stadion. Anda hanya harus tetap di tempat Anda berada.

“Dan saya tidak pernah melakukan itu [sebelumnya] dalam hidup saya. Anda melakukannya 22 tahun dan kemudian tiba-tiba Anda berhenti. Itu sangat sulit.

“Saya ingin memutuskan hubungan saya dengan klub sepenuhnya, karena klub juga menginginkannya. Jadi saya memutuskan untuk tidak kembali [menonton pertandingan]. Tapi saya tetap mendukung Arsenal dengan semangat yang sama.”

Meskipun dia belum secara resmi pensiun dari manajemen, Arsene Wenger telah mengambil peran baru sebagai Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA sejak November 2019.

Artikel Tag: Arsene Wenger, Arsenal

2166  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini