Menebak Bagaimana Federico Chiesa DImainkan dalam Formasi Baru Italia

Penulis: Rei Darius
Rabu 28 Sep 2022, 13:15 WIB
Federico Chiesa

Federico Chiesa diperkirakan harus beradaptasi dengan formasi 3-5-2 Italia (Image: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Pelatih Roberto Mancini belakangan beralih kepada formasi 3-5-2 untuk timnas Italia, namun bagaimana Federico Chiesa bisa cocok dalam sistem permainan ini?

Sejak melatih Italia, Mancini telah mengandalkan formasi 4-3-3, terutama karena dia memiliki para penyerang sayap yang berlimpah seperti Federico Chiesa, Lorenzo Insigne, Matteo Politano, dan Federico Bernardeschi.

Namun demikian, dengan tidak ada satu pun di antara keempat pemain sayap tersebut yang tersedia pada jeda internasional September ini, Roberto Mancini dipaksa untuk meramu sistem baru.

Timnas Italia mengalahkan Inggris (1-0) dan Hungaria (2-0) dalam dua pertandingan terakhir UEFA Nations League untuk memuncaki klasemen akhir Grup A3 dengan menggunakan formasi 3-5-2.

Kini, muncul pertanyaan tentang bagaimana Chiesa akan masuk dalam formasi ini seketika dia pulih nanti. Sebagai catatan, sang penyerang Juventus sedang menepi akibat cedera lutut parah yang menimpanya sejak Januari 2022.

Chiesa diharapkan untuk kembali di awal tahun 2023 mendatang, dan jika memang Mancini akan tetap menerapkan formasi 3-5-2, maka sang pemain berusia 24 tahun diperkirakan tidak akan kesulitan untuk beradaptasi.

Ketika masih membela Fiorentina, Chiesa sering diandalkan sebagai pemain sayap dalam sistem 3-5-2. Dia memanglah seorang penyerang, namun tidak kesulitan untuk beradaptasi dalam formasi ini dan turun ke belakang untuk ikut melaksanakan kewajiban bertahan.

Namun, jika Chiesa dimainkan sebagai salah satu pemain sayap, maka Mancini nampaknya perlu mempertimbangkan gelandang lain yang bisa menutupi ketiadaannya jikalau sang bintang Juventus terlalu disibukkan ketika menyerang.

Menempatkan para gelandang yang bisa memenangkan bola seperti Sandro Tonali atau Manuel Locatelli di sekitar Chiesa diharapkan akan berfungsi dengan baik.

Artikel Tag: Federico Chiesa, Timnas Italia, Juventus

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/menebak-bagaimana-federico-chiesa-dimainkan-dalam-formasi-baru-italia
945  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini