banner babe

Melatih Real Madrid adalah Pengalaman Terbaik yang Pernah Dirasakan Mourinho

Penulis: Rheza Hendrian
Jumat 13 Sep 2019, 14:09 WIB
Melatih Real Madrid adalah Pengalaman Terbaik yang Pernah Dirasakan Mourinho

Jose Mourinho / via La Liga

Berita Liga Spanyol: Meski menjalani kiprah yang sebenarnya tidak begitu mengesankan, Jose Mourinho mengatakan bahwa kesempatan untuk melatih Real Madrid merupakan pengalaman terbaiknya selama berkiprah sebagai seorang manajer sepakbola.

Pada tahun 2010, atau sesudah Mou berhasil mengantarkan Inter Milan memenangkan treble, pria asal Portugal ini meneruskan kariernya di Real Madrid.

Tercatat Mou bermukim di Ibukota Spanyol selama tiga musim dan sukses mempersembahkan tiga gelar bagi El Real yaitu 1x trofi La Liga, 1x Piala Copa del Rey serta 1x Piala Super Spanyol.

Bicara soal masa-masanya menukangi Madrid, Mou mengungkapkan bahwa momen tersebut adalah momen terbaik yang pernah dirasakannya selama menukangi sebuah klub sepakbola.

"Real Madrid merupakan pengalaman terbaik saya karena saya mengambil banyak pelajaran selama menangani klub tersebut," ujar Mourinho kepada stasiun televisi asal Portugal, Channel 11.

"Itu merupakan kenangan terbaik dalam karier saya dan rasanya cukup fantastis."

Sayangnya ketika menangani Madrid, Mourinho sering sekali dikritik oleh sejumlah Madridistas lantaran memainkan sepakbola yang defensif bahkan cenderung kasar.

Hal tersebut berbanding 180 derajat dengan rival mereka di La Liga, yakni Barcelona yang memainkan sepakbola tiki-taka racikan pelatih Pep Guardiola.

Terkait kritikan fans tersebut, Mourinho tak mau mempedulikannya. Dirinya merasa bahwa taktik yang ia terapkan sudah tepat untuk mengalahkan Barcelona yang saat itu sangat dominan di kompetisi domestik maupun Eropa.

"Apa yang diminta oleh manajemen Madrid sangat cocok dengan keinginan saya," lanjut pria asal Portugal ini.

"Mereka bilang kepada saya bahwa Barcelona memiliki tim terbaik di dunia dan kami pun harus membalikkan situasi tersebut."

Mourinho sendiri berhasil membuktikan omongannya setelah tim besutannya mampu mengalahkan Barcelona di final Copa del Rey tahun 2011.

Meski mengaku bangga bisa menjuarai seluruh kompetisi domestik yang diikuti oleh Madrid, Mou masih menyimpan kekecewaan karena tidak bisa mempersembahkan trofi Liga Champions bagi klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu.

"Kami tak boleh membiarkan Barcelona menghancurkan kami dan itulah mengapa final Copa del Rey (2011) sangat penting bagi kami," ucap Mourinho.

"Sejak saat itu, ceritanya pun berbeda. Kami memenangkan La Liga dan Piala Super Spanyol, tetapi rasanya tidak sehebat saat kami memenangkan Copa del Rey."

"Sayangnya, saya tidak berhasil mempersembahkan trofi Liga Champions bagi Madrid meskipun saya mampu mengantarkan mereka lolos ke semifinal sebanyak tiga kali," tutup eks pelatih Manchester United ini.

Artikel Tag: Jose Mourinho, Real Madrid, La Liga

502  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini