Mayoritas Klub Ingin Liga Dihentikan, Menpora Pertanyakan Persiapan Timnas

Penulis: Dayat Huri
Sabtu 23 Mei 2020, 18:00 WIB
Mayoritas Klub Ingin Liga Dihentikan, Menpora Pertanyakan Persiapan Timnas

Menpora RI Zainudin Amali/foto dok kemenpora

Berita Liga 1 Indonesia: Keinginan mayoritas klub peserta Liga 1 Indonesia 2020 untuk menghentikan kompetisi musim ini karena adanya pandemi virus Corona atau Covid-19 mendapat tanggapan dari Menteri Pemuda Olahraga Zainudin Amali yang bersua Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, Jumat (22/5) kemarin.

Sampai sejauh ini, PSSI memang belum memastikan apakah kompetisi sepak bola tanah yang kini tengah diberhentikan untuk sementara waktu akan kembali diputar atau justru dihentikan sepenuhnya. Berdasarkan masukan dari klub peserta liga kepada PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator diketahui, bahwa mayoritas klub ingin agar kompetisi musim ini dihentikan sepenuhnya.

Kondisi itu ternyata cukup menarik perhatian Menpora Zainudin Amali yang menilai kompetisi sangat penting untuk membentuk tim nasional yang kuat. Apalagi untuk tahun ini masih ada agenda pertandingan internasional yang akan dilakoni timnas Indonesia, baik itu untuk tim senior ataupun kelompok umur.

"Saya dengar klub-klub maunya kompetisi berhenti saja, tapi bagaimana kemudian dengan persiapan timnas? Kita tahu timnas senior Oktober akan main di Pra Piala Dunia yang akan menentukan peringkat Indonesia di FIFA. Demikian pula timnas U-16 di Piala AFC serta tentu saja timnas U-19 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021," kata Zainudin Amali seperti dilansir laman resmi pssi.

Lebih lanjut, ia menerangkan, bahwa sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, masyarakat Indonesia harus mulai belajar untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. Artinya, kegiatan-kegiatan yang selama ini terhenti secara perlahan akan mendapat izin untuk kembali digelar.

"Tapi, pemerintah sudah menegaskan, kita harus hidup berdampingan dengan Corona. Protokol kesehatan akan dijalankan sangat ketat, tapi pemulihan ekonomi termasuk kegiatan olahraga akan mulai menyesuaikan. Kata kuncinya: kita harus tetap produktif di saat pandemi," kata Zainudin.

PSSI sendiri masih akan menunggu keputusan BNPB terkait status darurat Covid-19 yang akan berakhir 29 Mei. Apabila tidak ada perpanjangan, maka kemungkinan Liga 1 dan Liga 2 akan kembali diputar setelah 1 Juli 2020.

Artikel Tag: Liga 1, PSSI, Menpora, Zainudin Amali, Mochamad Iriawan

278  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini