Masuki Fase New Normal, Nahkoda Persib Mau Liga Jalan Lagi

Penulis: M. Aldi
Jumat 29 Mei 2020, 07:30 WIB
Masuki Fase New Normal, Nahkoda Persib Mau Liga Jalan Lagi

Robert Rene Alberts

Berita Liga 1 Indonesia: Nasib kompetisi di Indonesia akan segera ditentukan dalam waktu dekat. Itu berdasarkan rencana pemerintah mengumumkan kelanjutan masa darurat bencana pada tanggal 29 Mei besok.

Jika masa krisis sudah dianggap selesai maka kompetisi boleh bergulir lagi pada bulan Juli mendatang. Robert Rene Alberts mengatakan bahwa ada banyak orang yang terlibat di sepakbola Indonesia berharap kompetisi bisa digelar kembali.

Peluang kompetisi bergeliat lagi juga disebut pelatih Persib tersebut cukup terbuka. Karena saat ini pemerintah Indonesia juga sudah bersiap memberlakukan fase new normal alias tatanan baru kehidupan di tengah intaian wabah covid-19.

"Melihat apa yang terjadi di dunia, semua sudah semakin paham soal virus ini sekarang. Kalian bisa lihat beberapa negara yang hancur karena corona lebih dari Indonesia kini mulai bangkit." ujar dia ketika diwawancara.

"Penerbangan dibuka lagi, lockdown dicabut, kegiatan masyarakat mulai kembali normal, tempat kerja dan toko sudah mulai dibuka, kegiatan olahraga terutama sepakbola juga sudah dibolehkan lagi digelar. Seperti yang dikatakan presiden Indonesia, kami harus mulai hidup dengan new normal dan itu bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia," jelasnya.

Menurutnya, kompetisi bisa berjalan lagi dalam fase new normal ini. Asalkan semua orang sudah paham dengan bagaimana protokol kesehatan dan mitigasi bencana corona ini. Sepak bola juga bisa dimainkan jika mengacu pada liga-liga lain di dunia.

"Jadi jika kalian melihat trennya sekarang, orang-orang harus mulai paham bahwa covid adalah sesuatu yang hidup bersama-sama untuk saat ini. Kalian harus mengikuti arahan yang dibuat oleh kementrian kesehatan seperti bagaimana memperhatikan kebersihan, tidak berada di tempat yang ramai," ujarnya.

"Dan seperti hasil penelitian bahwa resiko transmisi virus jauh lebih kecil pada kegiatan outdoor daripada kegiatan indoor atau diskusi tatap muka. Jadi kami melihat ke depan soal 'new normal' dan olahraga kembali diizinkan digelar, sepakbola di beberapa negara menjadi olahraga yang pertama dimainkan lagi meski tanpa penonton karena beresiko menularkan virus," lanjutnya.

Robert bersama Persib tentu menunggu bagaimana keputusan final dari PSSI. Namun menurutnya kebijakan yang paling ideal adalah menggelar kompetisi dengan timeline baru mengacu paga liga di Eropa. Kompetisi dimulai pada tengah tahun dan selesai di bulan April atau Mei tahun berikutnya.

"Jadi saya melihat ke depan menanti PSSI menerbitkan statement, mungkin bukan langsung di tanggal 29, tapi menurut saya jawaban paling logis adalah memulai lagi liga. Mungkin tidak sesuai dengan surat saat Maret lalu yang menyebut liga akan berjalan lagi Juli, tapi mungkin mundur satu bulan mungkin di Agustus," tuturnya.

"Karena kami harus menunggu fasilitas bisa digunakan kembali, seperti tempat latihan, dan pemain harus melakukan perjalanan dari luar negeri. Perjalanan domestik pun masih harus berjalan lagi. Lalu kami harus ikuti format kompetisi baru, yaitu liga akan berakhir April atau Mei di tahun depan (2021) mengikuti kalender kompetisi Eropa," pungkasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Liga 1 2020

419  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini