Marco Reus Ungkap Rahasia di Balik Kesuksesan Klopp di Liverpool & Dortmund

Penulis: Ezi Yulia
Sabtu 14 Mei 2022, 20:30 WIB
Marco Reus dan Jurgen Klopp

Marco Reus dan Jurgen Klopp (Foto: Mirror)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak bola: Marco Reus memuji Jurgen Klopp dan mengatakan bahwa kesuksesan pelatih berusia 54 tahun itu baik di Borussia Dortmund maupun di Liverpool diraih berkat energi yang dibawanya pada setiap tim yang dipimpinnya.

Setelah merebut Piala Carabao musim ini, Jurgen Klopp akan memimpin pasukannya ke pertempuran final Piala FA pada hari Sabtu (14/5) melawan Chelsea di Wembley. Ini adalah trofi kedua dari empat trofi yang bisa dia menangkan musim ini. Selain itu Liverpool secara matematis juga masih memiliki peluang memenangkan gelar juara Premier League. The Reds juga akan menghadapi Real Madrid di Final Liga Champions pada 28 Mei di Paris.

Sebelum pindah ke Merseyside, Klopp menangani Borussia Dortmund selama tujuh musim, membawa klub meraih gelar Bundesliga pada tahun 2011 dan gelar ganda (liga dan DFB Pokal) setahun kemudian. Mereka adalah klub Jerman terakhir yang menjuarai liga sebelum dominasi Bayern Munich selama satu dekade. Di bawah Klopp, Dortmund juga pernah mencapai final Liga Champions.

"Jurgen adalah seorang yang istimewa. Saya ingat ketika saya pindah ke Dortmund dan melakukan percakapan pertama dengannya. Ketika dia masuk ke ruangan, saya merasa ada sesuatu yang baik akan terjadi. Dia karismatik, dia punya banyak energi dan dia orang yang bisa diajak bicara secara pribadi tentang hal-hal lain, bukan hanya sepak bola," ujar Reus.

"Dia jelas salah satu pelatih terbaik di dunia karena jika tidak, Anda tidak akan bertahan lama di puncak. Saya berharap dia berhasil melakukannya tahun ini (meraih empat gelar)," lanjutnya.

Marco Reus pertama kali bekerjasama dengan Klopp pada tahun 2012 ketika sang pelatih membujuknya untuk kembali ke klub tempat dia menempa diri sebagai pemain muda. Di musim pertamanya, Reus mencetak 19 gol dan 16 assist dalam 49 penampilan untuk membantu membawa Borussia Dortmund ke final Liga Champions di mana mereka kalah 2-1 dari Bayern.

Jurgen Klopp tiba di Dortmund empat tahun sebelum Reus bergabung di mana klub mengalami musim terburuknya dalam dua dekade. Dengan beberapa perekrutan cerdas, Klopp berhasil membangun Die Borussen sebagai tim peraih gelar dalam tiga tahun.

“Sebelum dia datang, segalanya tidak terlihat begitu cerah di sini dan dia membawa klub ke level lain. Tentu saja, itu banyak berkaitan dengan dia dan tim pada saat itu juga. Anda tidak bisa mengatakannya dengan kata-kata karena itu bukan hanya satu kata. Itu masih, menurut saya, energi ini, kesediaan untuk menderita setiap hari dan untuk mendapatkan hasil maksimal darinya," jelas Reus .

"Dia telah melakukan pekerjaan yang hebat selama bertahun-tahun baik di sini maupun di Liverpool. Cara dia membangun tim, membangun klub, baik di sini maupun di Liverpool, sangat luar biasa. Energi yang dia bawa setiap hari, saya pikir, Anda hanya bisa angkat topi untuknya,” pungkasnya.

Artikel Tag: Marco Reus, Liverpool, Borussia Dortmund, Jurgen Klopp

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/marco-reus-ungkap-rahasia-di-balik-kesuksesan-klopp-di-liverpool-dortmund
2043  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini