Manuel Pellegrini Bela Manchester City yang Dituduh Langgar FFP

Penulis: Demos Why
Rabu 22 Nov 2023, 01:24 WIB
Manuel Pellegrini.

Manuel Pellegrini. (Foto: Paul Ellis/AFP)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Manuel Pellegrini telah membela Manchester City dan tak sepakat jika gelar juara mereka seharusnya dicopot menyusul dugaan pelanggaran Financial Fair Play.

Manchester City didakwa oleh Premier League dengan lebih dari 100 dugaan pelanggaran keuangan pada bulan lalu, menyusul investigasi selama empat tahun terhadap aktivitas yang dimulai sejak 2009. City dituduh telah melanggar peraturan liga yang mengharuskan penyediaan atas informasi keuangan yang akurat terkait posisi keuangan klub. Namun, pihak klub membantah keras tuduhan tersebut.

Pekan lalu, Everton dijatuhi hukuman pengurangan 10 poin karena melanggar peraturan Financial Fair Play (FFP), dan klub akan mengajukan banding atas keputusan tersebut. Mereka juga mengisyaratkan bahwa mereka akan menggunakan hasil investigasi terhadap City untuk memberikan tanggapan.

Rentang waktu investigasi City mencakup tiga musim Manuel Pellegrini bertugas di Etihad antara 2013 hingga 2016, sebuah periode di mana pelatih asal Cile tersebut memenangkan Premier League di musim pertamanya serta dua Piala Liga. Dan dia percaya bahwa prospek untuk mencabut gelar-gelar sebelumnya tidak adil dan bahwa kritik terhadap pengeluaran mantan timnya juga dianggapnya tidak adil, mengingat klub-klub Premier League lainnya juga telah menghabiskan banyak uang.

"Kritik itu tidak adil," kata Pellegrini kepada Guardian.

"Jika ada perbedaan yang sangat besar, maka mungkin saja, tapi Chelsea menghabiskan banyak uang, Manchester United menghabiskan banyak uang, Liverpool, Arsenal. Ketika saya tiba, Txiki [Begiristain] dan Ferran [Soriano] belum lama berada di sana."

"Pekerjaan yang dilakukan City sangat bagus; tidak hanya terkait dengan uang. Sebagai contoh, mereka mengganti [Roberto] Mancini dengan saya karena alasan sepak bola. Dan kemudian [ketika saya pergi], mereka berkata: jika bukan [Pep] Guardiola, maka Anda. Anda bekerja selama tiga tahun, Guardiola datang: ada kesinambungan."

"Klub-klub besar lainnya berinvestasi tetapi tidak bisa melakukan itu. Kita telah melihat tim-tim yang datang, menghabiskan £100 juta, lalu turun lagi. Dan €100 juta adalah jumlah yang tidak bisa dibelanjakan oleh 18 klub di Spanyol."

"Liga itu tidak bisa direnggut karena sudah dijalani - dengan para pendukung Anda, di stadion. Anda berada di Wembley, Anda mengangkat piala. Mungkinkah hal itu dilakukan dengan dasar hukum? Saya harap tidak, agar semuanya bisa diklarifikasi. Namun, hal tersebut tidak bisa diambil dari Anda. Bayangkan mereka mengambil piala itu, saya rasa runner-up sekarang tidak akan merasa seperti juara. Sepak bola adalah momen. Anda meraih kemenangan di atas lapangan."

Artikel Tag: Manuel Pellegrini, Manchester City, Financial Fair Play

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/manuel-pellegrini-bela-manchester-city-yang-dituduh-langgar-ffp
243  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini