Man City Mustahil Datangkan Lionel Messi Tanpa Bantuan 'Doping' Ekonomi

Penulis: Demos Why
Jumat 09 Jul 2021, 11:30 WIB
Eks Kapten Barcelona, Lionel Messi.

Lionel Messi. (Foto: David S. Bustamante)

Ligaolahraga.com -

Berita Transfer: Presiden LaLiga, Javier Tebas, kembali memberikan komentar terkait kabar ketertarikan Manchester City untuk mendatangkan Lionel Messi musim panas ini. Tebas menilai transfer itu mustahil bisa terwujud jika tanpa bantuan 'doping' ekonomi. Apa maksudnya?

Bukan rahasia lagi bahwa dalam beberapa bulan terakhir Manchester City diwartakan tertarik untuk mendatangkan Lionel Messi dari Barcelona pada musim panas tahun ini. Bahkan peluang mereka untuk mewujudkan transfer tersebut terbilang makin besar usai La Pulga saat ini berstatus sebagai pemain tanpa klub setelah kontraknya di Camp Nou berakhir pada 30 Juni yang lalu.

Meski demikian, Javier Tebas mengaku pesimis Man City bisa mewujudkan transfer Messi pada musim panas tahun ini tanpa bantuan 'doping' ekonomi. Istilah doping ekonomi sendiri dibuat oleh Tebas usai klub seperti City dan Paris Saint-Germain dituding menerima gelontoran dana yang tak terbatas dari perusahaan-perusahaan di Timur Tengah yang membuat keduanya memiliki dana yang tak terbatas untuk mendatangkan pemain top. Hal itu pula yang membuat klub lainnya akan sulit untuk bersaing lantaran menyebabkan meningkatnya nilai transfer serta gaji pemain terlebih di masa pandemi Covid-19.

Adapun salah satu kendala utama untuk mendatangkan LionelMessi adalah gajinya yang bernilai fantastis. Bintang asal Argentina itu diketahui memiliki gaji menyentuh angka 71 juta euro atau setara dengan 1,2 triliun per tahun.

"Dia tidak dapat menandatangani kontrak dengan nilai yang sama, itu mustahil," ujar Javier Tebas dilansir dari Sportsmole.

"Saya pikir tidak ada satu pun klub Eropa yang mampu membayar gajinya - bukan hanya Barcelona. Saya tidak berpikir klub mana pun akan mampu membayar jumlah gaji seperti di kontrak sebelumnya."

"Jika City memiliki risiko kehilangan 270 juta euro, sudah pasti mereka tidak akan pernah mempertimbangkan untuk mendatangkan Messi, PSG juga akan mengalami kerugian yang sangat besar jika melakukannya."

"Jika mereka tetap memaksa untuk melakukannya, maka itu akan menjadi 'doping' finansial berikutnya seperti yang telah saya katakan sebelumnya."

"Saya juga mengatakan ini kepada (Manajer City Pep) Guardiola, dan saya langsung mengatakan itu kepadanya – apakah Anda akan memenangkan banyak gelar tanpa doping ekonomi?"

"Ketika CAS (Pengadilan Arbitrase Olahraga) melepaskan Manchester City, ada banyak komentar tentang itu – (Jose) Mourinho dan semua pelatih lain mengatakan hal yang sama. Jadi, jika ini terjadi, saya benar-benar berpikir itu akan menjadi hal yang harus dilakukan [kembali melakukan doping finansial]."

"Doping ekonomi jelas sangat merusak dunia sepakbola. Akan ada penggelembungan jumlah gaji dan ada uang non-nyata yang akan terlibat karena tak dihasilkan langsung oleh klub."

"Jadi jika uang dalam industri sepakbola tidak dihasilkan oleh bisnis sepakbola itu sendiri, maka hanya akan menyebabkan inflasi. Itu merupakan jenis inflasi yang sangat buruk karena bisa merusak dunia sepakbola karena semua klub akan melakukan segalanya di luar kemampuan mereka," pungkasnya.

Meski demikian, Barcelona kabarnya masih berusaha untuk mempertahankan Lionel Messi meski harus melepas paling tidak dua bintang mereka guna mengurangi beban keuangan klub.

Artikel Tag: Lionel Messi, Barcelona, Manchester City, Javier Tebas

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/man-city-mustahil-datangkan-lionel-messi-tanpa-bantuan-doping-ekonomi
1624  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini