Maman Abdurrahman Ungkap Rahasia Tetap Fit Di Usia 39 Tahun

Penulis: Dayat Huri
Minggu 04 Jul 2021, 11:00 WIB
Maman Abdurrahman

Maman Abdurrahman/foto dok Persija Jakarta

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Usia 39 tahun sudah bisa dikatakan uzur untuk ukuran seorang pemain sepak bola. Banyak yang memutuskan gantung sepatu di usia tersebut, namun hal itu tidak berlaku bagi bek Persija Jakarta, Maman Abdurrahman.

Memutuskan tetap berkarir di lapangan hijau pada usia yang sudah terbilang senja, Maman Abdurrahman tidak hanya jadi pemanis di tim Macan Kemayoran. Dia masih jadi benteng kokoh di lini pertahanan Persija Jakarta. Hal itu dia buktikan ketika tampil pada partai final pertama Piala Menpora 2021 kala menaklukkan Persib Bandung dengan skor 2-0.

Bermain di laga krusial tersebut menunjukkan bahwa dirinya masih mampu bermain dalam level teratas sepak bola Indonesia. Padahal sejawatnya mayoritas telah gantung sepatu dan beralih profesi menjadi pelatih. Terkait hal itu, dia membagikan rahasia yang membuatnya tetap fit di pengujung karir.

"Saya selalu menjaga pola makan dan istirahat. Selain itu, saya selalu menambah porsi latihan di luar jadwal latihan tim," katanya seperti dilansir laman resmi klub.

Dalam mengatur pola makan, Maman berupaya menjauhi makanan berminyak dan pedas. Adapun mengenai latihan tambahan, dia kerap melakukan skiping atau joging di sekitaran rumah.

"Hal itu saya lakukan agar saya tetap fit saat kembali ke tim," ungkap dia.

Menurutnya, latihan ekstra mutlak dibutuhkan karena kondisi fisiknya tak lagi sepadan dengan para pemain muda yang kini banyak mengisi tim Persija Jakarta.

"Karena masih muda, pemulihan mereka usai libur latihan tergolong lebih cepat. Itu yang ingin saya kejar lewat berlatih sendiri di rumah," lanjutnya.

Dia pun berharap komitmen yang ia tunjukkan dalam menjaga kondisi dapat diikuti oleh para pemain muda lain.

"Saya yang sudah 39 tahun masih bersemangat dan bisa bersaing. Mereka yang muda harus bisa berkembang lebih baik dari saya," pungkas Maman.

Sejak bergabung pada 2015, eks bek timnas Indonesia itu telah mempersembahkan sejumlah trofi bagi Macan Kemayoran seperti Liga 1 2018, Piala Presiden 2018, dan Piala Menpora 2021.

Artikel Tag: maman, Liga 1, persija jakarta

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/maman-abdurrahman-ungkap-rahasia-tetap-fit-di-usia-39-tahun
500  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini