Luis Milla Fleksibel Terapkan Formasi Menyesuaikan Tim Lawan

Penulis: M. Aldi
Kamis 08 Sep 2022, 12:30 WIB
Pelatih Persib, Luis Milla

Luis Milla ketika memimpin latihan Persib

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Eksperimen taktik Luis Milla dengan menerapkan formasi tiga bek berakhir mulus. Tapi sang pelatih menyebut ke depannya formasi yang dimainkan bisa fleksibel menyesuaikan kebutuhan tim dan lawan yang dihadapi.

Luis Milla datang dengan kondisi Persib sedang terpuruk dan banyak kebobolan. Perubahan pun dilakukannya dengan mengubah skema 4-2-3-1 yang biasa dimainkan jadi 3-4-3. Menurutnya perubahan sistem tersebut harus bisa ditelan dengan baik oleh pemain.

Dia juga menyebut yang terpenting adalah filosofi serta gaya main yang nyaman dimainkan oleh pasukannya. Terkait formasi, itu nantinya akan menyesuaikan dengan tim yang menjadi lawan. Yang pasti dia ingin pemain paham dengan strategi yang ingin dimainkan.

"Sebagai pelatih, saya harus mempunyai sistem untuk para pemain dan pemain juga harus merasa nyaman dengan sistem yang diterapkan. Masing-masing pertandingan itu berbeda, setiap lawan juga berbada, tetapi gaya bermain kami akan tetap sama," ujar dia ketika diwawancara.

Ke depannya tidak menutup kemungkinan Persib memainkan kembali skema dengan empat bek sejajar atau bahkan lima jika dibutuhkan. Hal yang sama juga berlaku untuk posisi lain seperti gelandang yang penyerang.

Menurutnya bisa saja ada laga yang mengharuskan Persib bermain dengan tiga gelandang. Atau di barisan depannya bukan menurunkan trisula tapi cenderung memainkan dua striker kembar untuk mencetak gol.

"Namun dimungkinkan ada perubahahan skema, mungkin saja kami bermain dengan empat maupun lima pemain pada garis pertahanan, bermain dengan tiga gelandang di tengah atau dengan dua gelandang, di depan juga mungkin kami bermain dengan dua atau tiga penyerang," tuturnya.

Milla menyebut itu semua diputuskannya berdasarkan apa karakter bermain dan permainan lawan yang dihadapi oleh Maung Bandung. "Semuanya berdasarkan lawan yang dihadapi dan tergantung momennya," tukasnya.

Artikel Tag: Luis Milla, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/luis-milla-fleksibel-terapkan-formasi-menyesuaikan-tim-lawan
696  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini