Luis Enrique Resmi Tinggalkan Timnas Spanyol Usai Gagal di Piala Dunia 2022

Penulis: Rei Darius
Kamis 08 Des 2022, 18:59 WIB
Luis Enrique

Luis Enrique resmi tinggalkan timnas Spanyol (Image: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mengonfirmasi bahwa Luis Enrique bakal meninggalkan tim nasional seiring dengan habisnya kontrak sang pelatih usai Piala Dunia 2022.

Kontrak sang juru taktik asal Asturia tersebut memang hendak habis setelah Piala Dunia 2022, namun RFEF nampaknya mengambil keputusan untuk tidak memperpanjang masa baktinya.

Luis Enrique dilepas seiring dengan kegagalan La Furia Roja di Qatar. Datang sebagai salah satu unggulan, Spanyol sudah gugur di babak 16 besar karena kalah adu penalti dari Maroko.

Mereka mengawali turnamen dengan gemilang usai membantai Kosta Rika dengan skor 7-0, dilanjutkan dengan performa dominan kontra Jerman meski akhirnya imbang 1-1.

Namun Spanyol menutup fase grup dengan menderita kekalahan mengejutkan dengan skor 1-2 dari Jepang, dan kembali dikejutkan oleh tim kuda hitam lainnya, Maroko, dengan tak bisa mencetak gol sama sekali hingga laga berakhir imbang 0-0 selama 120 menit.

Di sesi tos-tosan, tak seorang pun dari tiga penendang Spanyol yang berhasil menunaikan tugasnya, selagi tiga dari empat penendang Maroko sukses mencetak gol ke gawang kawalan Unai Simon.

Selama menukangi timnas Spanyol, Luis Enrique tak pernah berhasil meraih trofi. Namun catatan positifnya adalah dia mengantarkan La Furia Roja ke semifinal Piala Eropa 2020 dan juga dua kali berada di empat besar UEFA Nations League, dengan satu di antaranya mencapai final.

Beberapa kandidat telah muncul untuk menggantinya, di antaranya adalah Ernesto Valverde, Marcelino Garcia Toral, Roberto Martinez, dan Luis de la Fuente.

Artikel Tag: Luis Enrique, Timnas Spanyol, Piala Dunia 2022, RFEF

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/luis-enrique-resmi-tinggalkan-timnas-spanyol-usai-gagal-di-piala-dunia-2022
389  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini