Lolos Verifikasi, Persib Kantongi Lisensi Klub Profesional AFC

Penulis: M. Aldi
Jumat 21 Jan 2022, 17:00 WIB
Pemain Persib ketika berfoto bersama

Pemain Persib ketika berfoto bersama (Foto : Persib Official)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : AFC sudah merilis daftar klub Indonesia yang lolos verifikasi klub profesional. Salah satu kesebelasan yang konsisten mendapat lisensi adalah Persib Bandung yang dinilai memenuhi kriteria.

AFC Club Licensing merupakan proses standarisasi maupun verifikasi kualitas manajemen klub profesional. Sebagai parameter penilaian, ada lima kriteria untuk menentukan apakah tim-tim layak atas status profesional.

Umuh Muchtar pun mengaku bersyukur atas pencaiapan dari klub Maung Bandung. Karena ini menjadi bukti tertatanya manajemen klub dan sudah berlangsung dari beberapa tahun ke belakang. Sehingga layak timnya jadi percontohan.

"Alhamdulillah Persib jadi salah satu yang terbaik dari sembilan klub ini, semua tertata rapi. Maaf saja, mudah-mudahan klub lain mengikuti kita, kita bersyukur karena nama Persib mencuat saja," terang Komisaris PT. PBB ini ketika diwawancara.

Pihak PSSI selaku perwakilan menyerahkan hasil laporan lolosnya verifikasi lisensi klub profesional AFC di Bali Selasa (18/1) lalu. Selain itu, klub kebanggaan Bobotoh itu pun mendapat predikat lulus National Licensing Club (NLC).

Atas pengakuan dari AFC tersebut, Persib dianggap layak untuk bermain di pentas internasional. Artinya jika di akhir musim ini mendapat slot lolos ke kompetisi antar klub Asia, Pangeran Biru boleh ikut ambil bagian.

"Ini adalah syarat (mengikuti kompetisi) AFC, dan kalau kita lolos kan ga susah lagi, tahu ini klub profesional dan ranking pertama daripada sembilan klub," tutur pria yang akrab disapa Pak Haji tersebut menjelaskan.

Ini bukan kali pertama klub kebangaan Bobotoh itu lolos verifikasi. Sejak 2015 alias enam tahun beruntun, pihak AFC memberikan lisensi klub profesional. Umuh Muchtar menyebut, ini merupakan bentuk kinerja apik manajemen terhadap lima aspek penilaian yaitu sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal dan financial.

"Bisa mempertahankan dan kelebihannya lagi, karena kita tiap tahun selalu dapat, aneh malah kalau kita ga dapat. Tapi dengan kepengurusan manajemen tentunya kita pasti dapat, dengan perjuangan Pak Glenn, ya tentu bisa untuk memenuhi kebutuhan klub. Siapa yang engga mau di sini kan, rebutan pasti yang ingin ke sini," tukasnya.

Artikel Tag: Persib, umuh muchtar

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/lolos-verifikasi-persib-kantongi-lisensi-klub-profesional-afc
1005  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini