Liga 2 Indonesia Musim Ini Resmi Dibagi Ke Dalam 4 Grup

Penulis: Dayat Huri
Kamis 09 Sep 2021, 20:30 WIB
Logo Liga 2

Logo Liga 2

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 2 Indonesia: PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator resmi kompetisi sepak bola tanah air memutuskan untuk menggulirkan Liga 2 Indonesia musim ini dengan dengan format empat grup menggunakan sistem double round-robin di babak penyisihan grup.

Keputusan itu diambil setelah PSSI menggelar rapat exco pada 7 September lalu. Perihal format sebelumnya menjadi perdebatan. Banyak klub yang menginginkan kompetisi dimainkan dua wilayah karena tim bisa menjalani pertandingan lebih banyak. Namun, karena waktu yang terbatas saat ini, akhirnya diputuskan memainkan empat wilayah. Setiap grup hanya diambil dua tim teratas untuk bisa lolos ke babak 8 besar.

Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita menuturkan, untuk menetapkan venue babak penyisihan grup Liga 2 2021, pihaknya akan melakukan proses bidding ulang kepada klub yang berminat menjadi tuan rumah.

"Untuk penentuan tuan rumah akan diputuskan pada manager meeting," ujarnya seperti dikutip Jawa Pos.

Terdapat sejumlah kewajiban dan hak yang akan didapat setiap tim yang nantinya bertindak sebagai tuan rumah. Pertama, klub tuan rumah berhak bermain di kandang sendiri. Kedua, tuan rumah harus siap menanggung seluruh biaya penyelenggaraan pertandingan sesuai protokol kesehatan dan LIB akan memberikan subsidi sebesar Rp400 juta selama babak penyisihan grup putaran satu.

Ketiga, tuan rumah menanggung biaya transportasi lokal untuk klub peserta dengan perincian satu unit bus untuk setiap klub peserta yang digunakan untuk aktivitas pertandingan seperti penjemputan, official training, pertandingan, dan kepulangan. Yang keempat, merekomendasikan minimal tiga lapangan latihan dengan kondisi yang baik serta representatif untuk klub peserta dengan biaya ditanggung masing-masing klub. Terakhir, tuan rumah harus menginformasikan minimal lima hotel yang representatif untuk klub peserta dengan biaya ditanggung masing-masing klub.

Salah satu klub yang bersedia menjadi tuan rumah adalah PSPS Riau. General Manager Tim Edward Riansyah menyatakan, pihaknya sudah mengajukan ke LIB terkait pengajuan Stadion Kaharudin Nasution.

PSPS Riau menjadi satu dari delapan tim yang sebelumnya mengusulkan jadi tuan rumah. Mengenai alasan tetap mengajukan sebagai tuan rumah, itu karena kenyamanan.

"Yang pasti (pemain) sudah terbiasa dengan lapangan sendiri," katanya.

COO Martapura Dewa United Rendra Soedjono menegaskan, pihaknya sudah menarik diri dari pengajuan sebagai tuan rumah. Kendati demikian, itu tidak mengendurkan semangat tim.

"Kami sangat siap dengan kabar Liga 2 yang akan digulirkan akhir September," pungkasnya.

Artikel Tag: Liga 2, lib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/liga-2-indonesia-musim-ini-resmi-dibagi-ke-dalam-4-grup
861  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini