LIB Masih Tunggu Putusan FIFA Terkait Pergantian 5 Pemain Dalam Satu Laga

Penulis: Dayat Huri
Kamis 30 Apr 2020, 17:00 WIB
LIB Masih Tunggu Putusan FIFA Terkait Pergantian 5 Pemain Dalam Satu Laga

PT. Liga Indonesia Baru

Berita Liga 1 Indonesia: PT. Liga Indonesia Baru (LIB) masih menunggu keputusan resmi dari federasi sepak bola dunia, FIFA terkait wacana lima pergantian pemain dalam pertandingan yang berlangsung setelah pandemi virus Corona atau Covid-19.

Direktur PT. LIB, Sudjarno menyebut, pihak belum menerima keputusan resmi dari FIFA terkait wacana tersebut.

"Kalau sudah ada keputusan, kami akan pelajari dahulu. Misalnya memang keharusan tentu kami akan mengikutinya," kata Sudjarno seperti dilansir laman Antara.

Sebagai operator resmi liga, pihaknya terlebih dahulu akan mendiskusikan hal itu dengan PSSI sebelum menerapkannya dalam pertandingan resmi.

"Nanti PSSI yang menjabarkan dalam regulasi," terangnya.

Seperti diketahui, FIFA tengah mengajukan usulan sementara kepada Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) agar dalam pertandingan yang dilaksanakan setelah pandemi Covid-19, setiap klub dapat melakukan lima kali pergantian pemain.

Wacana itu mencuat karena FIFA mempertimbangkan tingginya frekuensi laga yang kemungkinan harus dijalani tim-tim sepak bola setelah pandemi Covid-19 usai. Dengan pergantian pemain lebih banyak, diharapkan juga akan bisa menghindarkan pemain dari resiko cedera.

Dalam regulasi tersebut, FIFA akan memberi kesempatan terhadap setiap tim untuk melakukan tiga pergantian pemain di babak pertama dan dua kali pada babak kedua atau tambahan waktu. Aturan itu diharapkan sudah bisa diterapkan pada musim 2020 ini, serta untuk pertandingan-pertandingan internasional lainnya sampai 31 Desember 2020.

Adanya wacana pergantian lima pemain dalam satu pertandingan itu juga mendapat tanggapan positif dari salah seorang pelatih klub Liga 1, Jacksen F Tiago.

"Menurut saya itu hal yang baik," kata pelatih yang kini menukangi Persipura Jayapura itu.

Artikel Tag: Liga 1, pt lib, PSSI, FIFA

329  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini