Lebih Pilih Alonso Ketimbang Chilwell, Ini Penjelasan Thomas Tuchel

Penulis: Ananda Barezilla
Minggu 14 Feb 2021, 15:15 WIB
Thomas Tuchel menilai Alonso lebih fasih bermain di skema 3 bek sebagai wingback, ketimbang Ben Chilwell.

Ben Chilwell (Foto: Getty)

Berita Liga Inggris: Thomas Tuchel jelaskan alasannya lebih pilih Marcos Alonso ketimbang Ben Chilwell di posisi bek kiri Chelsea, sembari berharap bisa menemukan solusi yang tepat untuk Chilwell.

Didatangkan dari Leicester City seharga 50 juta poundsterling pada musim kemarin, Ben Chilwell langsung menjadi pilihan utama sang pelatih Frank Lampard untuk mengisi pos bek kiri Chelsea. Namun kedatangan pelatih anyar yaitu Thomas Tuchel membuat bek berusia 24 tahun itu tak bisa mendapat garansi bisa bermain di tim utama secara reguler.

Tuchel, yang saat ini lebih sering menggunakan formasi tiga bek, lebih memilih Marcos Alonso sebagai wingback kiri, dimana mantan bek Fiorentina itu memang sudah fasih bermain di posisi tersebut.

Pelatih berkebangsaan Jerman itu pun paham jika Chilwell merasa khawatir perihal menit bermainnya. Sang pelatih juga menjelaskan alasannya mengapa dia lebih memilih Alonso di starting lineup-nya.

"Ya, jika dia [Chilwell] khawatir saya bisa mengerti," kata Tuchel dilansir dari Goal. "Dia memiliki beberapa keputusan sulit, di mana itu adalah pilihan yang ketat," lanjutnya.

"Saya mengambil pilihan untuk Marcos [Alonso] di mana kami bermain dengan lima bek karena dia lebih familiar dengan posisi itu. Dia bermain di sana di bawah Antonio Conte dan kami memilih Marcos melawan Burnley karena kekuatannya di udara sebagai sundulan untuk bertahan dan menyerang di situasi bola mati.

Meski saat ini mantan pelatih Paris Saint-Germain itu lebih memilih Alonso, namun ia juga tak menutup pintunya buat Chilwell.

"Saya juga melihat Chilly sebaga pria yang sangat baik, pria yang reflektif, dan pria yang cerdas," tambah Tuchel. "Saya mungkin merasakannya di hari-hari pertama bahwa dia mungkin banyak berpikir tentang situasi ini tetapi mudah-mudahan tidak terlalu banyak karena dia bisa mempercayai dirinya sendiri dan kami sebagai staf yang dapat terus mendorongnya dan kami akan menemukan solusi untuknya.

"Dia menunjukkan performa bagus di Sheffield United dan itu penting baginya dan tim.  Terkadang butuh sedikit waktu dan ada keputusan sulit saat ini, di klub seperti Chelsea, dengan skuad yang terdiri dari 22 pemain."

Artikel Tag: Thomas Tuchel, Marcos Alonso, Ben Chilwell, Chelsea

1666  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini