Leao Terlibat Pertarungan Hukum Dengan Sporting, Milan Kerahkan Pengacara

Penulis: Nur Afifah
Rabu 01 Des 2021, 10:20 WIB
Rafael Leao

Rafael Leao (Sumber: GettyImages)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Italia: Pengacara AC Milan dikabarkan telah dikerahkan untuk membantu Rafael Leao dalam pertempuran hukumnya yang sedang berlangsung dengan Sporting CP.

Calcio e Finanza menuliskan bagaimana Leao dijatuhi hukuman denda 16.5 juta euro atau Rp264 miliar sebagai kompensasi kepada Sporting atas pemutusan kontrak secara sepihak, yang diajukan sang bintang pada 14 Juni 2018, setelah invasi tempat latihan klub oleh sekitar 50 ultras yang menyerang pemain dan anggota staf.

Setelah pemutusan kontrak tersebut, ia pindah ke Lille dengan status bebas transfer dan kemudian Rossoneri menghabiskan lebih dari 25 juta euro atau Rp400 miliar untuk merekrutnya dari Ligue 1. Sejak saat itu tim asal Lisbon telah menempuh hukum untuk menuntut sang pemain karena yakin bisa mendapatkan sejumlah uang dan pada Maret 2020, dan ia pun dijatuhi hukuman oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga Portugal (TAD) untuk membayar denda 16.5 juta euro.

Nominal tersebut merupakan kompromi pada klausa pelepasan 45 juta euro atau Rp720 miliar yang diminta Sporting, tetapi diputuskan oleh ahli yang ditunjuk secara khusus, yang mengindikasikan nilai kompensasi yang adil di kisaran 15-18 juta euro atau Rp240-288 miliar, sehingga muncul angka 16.5 juta euro.

Pada saat yang sama, raksasa Portugal memulai proses menghadapi winger 22 tahun tersebut di Pengadilan Arbitrase FIFA, yang kemudian mengajukan banding yang tidak dapat diterima lantaran sudah diajukan di pengadilan lain (TAD Portugal). Mantan klubnya tersebut kemudian memilih mengajukan banding ke TAS (Pengadilan Arbitrase Olahraga) di Lausanne terhadap keputusan FIFA dengan tujuan mendapatkan kompensasi sebesar 45 juta euro.

Terdapat dua keputusan berbeda yang akan datang yakni satu di Pengadilan Banding Lisbon atas banding yang diajukan oleh bintang muda Portugal tersebut setelah keputusan oleh TAD mengenai jumlah klausa pelepasan dan yang satunya satu di TAS di Lausanne, yang diajukan Sporting tentang Kompetensi FIFA dalam menilai masalah tersebut.

Sehubungan dengan putusan kedua, sidang selesai akhir Juli lalu dan kedua pihak menunggu untuk mengetahui keputusan pengadilan mengenai apakah Sporting dapat mengklaim secara langsung kepada Lille, dengan meminta kompensasi langsung dari klub. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Milan berusaha menawarkan dukungan kepada Leao, meskipun raksasa Serie A tersebut sama sekali tidak terlibat dalam kasus tersebut.

Artikel Tag: Leao, Milan, Sporting

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/leao-terlibat-pertarungan-hukum-dengan-sporting-milan-kerahkan-pengacara
6170  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini