Laporan Independen Ungkap Aksi Polisi Prancis di Final Liga Champions 2022

Penulis: Depe Ptr
Rabu 19 Jun 2024, 10:20 WIB
Laporan Independen Ungkap Aksi Polisi Prancis di Final Liga Champions 2022

Aksi polisi Prancis di final Liga Champions 2022 via gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Sebuah laporan independen baru-baru ini mengungkapkan kritik pedas terhadap tindakan polisi Prancis selama final Liga Champions 2022 di Stade de France, Paris.

Insiden ini mempengaruhi pertandingan final Liga Champions 2022 antara Liverpool dan Real Madrid, yang ditunda selama 36 menit karena kekacauan di luar stadion.

Defenseur Des Droits, sebuah organisasi independen yang mempertahankan hak-hak warga Prancis, merilis laporan yang menyoroti penggunaan gas air mata yang mereka sebut "tidak perlu dan tidak pantas".

Laporan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan gas air mata oleh polisi Prancis tidak dijustifikasi, mengingat situasi yang terjadi di luar stadion hanya melibatkan orang-orang yang mencoba melewati pagar pembatas tanpa tiket.

Claire Hedon, juru bicara Defenseur Des Droits, menegaskan bahwa "fakta bahwa 'kejahatan oportunistik' dilakukan tidak dapat membenarkan penggunaan gas air mata secara sembarangan terhadap masyarakat." Ini menggarisbawahi bahwa tindakan polisi yang menciptakan kepanikan dan mengancam keselamatan orang-orang di sekitarnya.

Selain kritik terhadap penggunaan gas air mata, laporan itu juga menyoroti bahwa tidak ada peringatan yang diberikan kepada pendukung Liverpool dalam bahasa Inggris, yang menyebabkan kebingungan dan kekacauan di antara mereka.

Situasi semakin memburuk setelah pertandingan, ketika pendukung Liverpool menjadi sasaran serangan oleh geng terorganisir. Sayangnya, polisi Prancis tidak mampu melindungi pendukung yang meninggalkan Stade de France.

"Laporan ini mengungkapkan bahwa petugas polisi mundur ketika pendukung Inggris diserang dengan kejam oleh penyerang mereka," demikian bunyi dari laporan tersebut. Organisasi Pembela Hak menemukan bahwa aparat penegak hukum gagal dalam tugas mereka untuk melindungi masyarakat.

Artikel Tag: Liverpool, Premier League, liga champions

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/laporan-independen-ungkap-aksi-polisi-prancis-di-final-liga-champions-2022
3897  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini