Kualifikasi Piala Dunia 2022: Italia Kalahkan Bulgaria dengan Susah Payah

Penulis: Rei Darius
Senin 29 Mar 2021, 04:45 WIB
Manuel Locatelli dan Andrea Belotti antar Italia menang atas Bulgaria.

Manuel Locatelli rayakan golnya ke gawang Bulgaria (Image: Getty)

Berita Sepak Bola: Italia memerlukan eksekusi penalti Andrea Belotti dan gol Manuel Locatelli di pengujung laga untuk menaklukan Bulgaria dengan skor 2-0 pada laga lanjutan kualifikasi PIala Dunia 2022, Senin (29/3) dini hari WIB.

Gli Azzurri melakoni laga ini setelah mengawali perjalanan mereka di babak kualifikasi PIala Dunia 2022 dengan kemenangan 2-0 atas Irlandia Utara, selagi Luvovete dikalahkan dengan skor 1-3 oleh Swiss di kandang sendiri.

Namun pencetak gol Azzurri pada laga itu, Domenico Berardi, harus dipulangkan karena menderita cedera, demikian pula dengan Francesco Caputo, selagi Giorgio Chiellini belum cukup bugar untuk bermain dalam jadwal pertandingan padat.

Italia belum pernah meraih kemenangan di tanah Bulgaria dan tuan rumah punya peluang perdana lewat striker Spezia, Andrey Galabinov, namun Gianluigi Donnarumma berhasil meredamnya.

Gol baru tercipta menjelang jeda turun minum, ketika wasit menghadiahkan penalti karena Andrea Belotti jatuh di kotak terlarang. Itu nampak sebagai keputusan yang sangat bisa diperdebatkan karena sang striker Torino jatuh dengan sangat mudah.

Namun tidak ada VAR untuk menengok ulang kejadian bagi wasit, dan ia tidak mengubah keputusannya. Belotti sendiri yang maju sebagai eksekutor sukses menunaikan tugasnya dan membawa tim tamu unggul.

Di babak kedua, tuan rumah mendesak wasit untuk memberikan penalti setelah upaya Birsent Karagaren terdefleksi hingga mengenai lengan Stefano Sensi, namun wasit tidak mengindahkannya.

Di sisi lain lapangan, Belotti hampir mencetak gol keduanya pada menit ke-72. Ia sukses mengalahkan penjaga gawang, namun sayang tembakannya menghantam tiang gawang dan upayanya memanfaatkan bola muntah malah terlalu tinggi.

Setelah serangkaian upaya, Italia akhirnya berhasil mencetak gol pengunci kemenangan tujuh menit menjelang waktu normal usai. Lorenzo Insigne memberikan bola kepada Manuel Locatelli di kotak penalti, dan sang gelandang Sassuolo melepaskan tembakan melengkung ke pojok bawah gawang untuk mencetak gol pertamanya bagi timnas senior.

Setelah kemenangan ini, skuat asuhan Roberto Mancini masih punya satu pertandingan lagi di kualifikasi Piala Dunia 2022, dengan menghadapi Lithuania pada Kamis (1/4) dini hari WIB.

Bulgaria 0-2 Italia - (Andrea Belotti [p] 43', Manuel Locatelli 83')

Susunan Pemain

Bulgaria (3-1-4-2): P. Illiev; D. Dimov, Antov, Bozhikov; Kostadinov (Malinov 62'); Cicinho (Karagaren 46'), Chochev, Vitanov (Rainov 88'), Tsvetanov; Delev (A. Iliev 78'), Galabinov.

Italia (4-3-3): Donnarumma; Florenzi (Di Lorenzo 68'), Bonucci, Acerbi, Spinazzola; Barella, Sensi (Locatelli 68'), Verratti (Pessina 88'); Chiesa (Bernardeschi 75'), Belotti (Immobile 75'), Insigne.

Artikel Tag: Italia, bulgaria, Kualifikasi Piala Dunia 2022, Andrea Belotti, Manuel Locatelli

756  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini