Krisis Keuangan Ancam Serie A Jika Hak Siar Dihentikan

Penulis: Uphit Kratos
Rabu 06 Mei 2020, 09:30 WIB
Krisis Keuangan Ancam Serie A Jika Hak Siar Dihentikan

Serie A/ nerazzurriale

Berita Liga Italia: Jika kompetisi dihentikan, klub Serie A terancam badai keuangan akibat kehilangan pemasukan dari hak siar TV, dengan nilai kontrak mencapai 220 juta euro.

Menurut laporan terbaru dari Corriere della Sera, Klub-klub Serie A terancam mendapat kerugian besar, bahkan finansial klub terancam ambruk jika kesepakatan kontrak hak siar TV sebesar 220 juta euro tidak dibayarkan karena alasan pembatalan kompetisi.

Laporan tersebut merinci bagaimana pemasukkan dari hak siar ini sangat vital bagi banyak klub Serie A, terutama setelah beberapa presiden klub terpaksa mengajukan pinjaman ke pihak bank demi mendanai klub dan berharap bisa mengembalikan pinjaman tersebut dari pemasukkan hak siar.

Di sisi lain, Sky Sport, DAZN dan IMG, sebagai media yang memperoleh hak siar penayangan Liga Italia, sama-sama terancam merugi karena kehilangan pemasukan. Hal ini disebabkan karena para pengiklan dipastikan tidak akan membayar kontrak mereka secara penuh karena alasan yang sama.

Untuk mencegah efek berantai tersebut, hingga kini semua pihak masih menggelar pembicaraan, termasuk membahas rencana tiga musim berikutnya dan beberapa skenario yang mungkin akan dijalankan setelah pandemi virus Corona usai.

Untuk pihak Sky Sport sendiri menyatakan jika mereka terbuka untuk menemukan solusi konstruktif, termasuk opsi-opsi yang selama ini belum diungkapkan.

Jumat pekan lalu sempat terjadi ketegangan antara presiden Lega Seri A, Paolo Dal Pino dan Presiden Torino, Urbano Cairo. Kedua belah pihak khawatir tentang stabilitas keuangan klub dan sepak bola Italia. Bahkan perdebatan tersebut membuat Dal Pino berencana untuk mengundurkan diri.

Artikel Tag: Serie A, Sky Sport, Virus Corona

274  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini