Konflik Peminjaman William Saliba di Saint-Etienne, Ini Penjelasan Arsenal

Penulis: Fery Andriyansyah
Kamis 02 Jul 2020, 04:30 WIB
Konflik Peminjaman William Saliba di Saint-Etienne, Ini Penjelasan Arsenal

William Saliba. (Foto: Getty Images)

Berita Transfer: Arsenal menjelaskan bahwa perbedaan pendapat mengenai rehabilitasi William Saliba menyebabkan keputusan mereka untuk tidak memperpanjang masa peminjaman bek tengah itu bersama Saint-Etienne.

The Gunners menggelontorkan 27 juta poundsterling untuk mendatangkan Saliba musim panas lalu, dengan syarat bahwa pemain berusia 19 tahun itu akan tetap memperkuat Saint-Etienne dengan status pinjaman untuk musim 2019-20.

Tetapi karena penundaan musim akibat dari pandemi virus corona, final Coupe de France yang mempertemukan Saint-Etienne dan Paris Saint-Germain baru bisa digelar pada 24 Juli, sementara peminjaman Saliba berakhir pada 30 Juni.

Pelatih kepala Arsenal, Mikel Arteta, awalnya berharap Saliba bisa mengambil bagian dalam pertandingan itu dengan izin Arsenal, tetapi ia tidak diizinkan untuk pergi pada akhirnya. Saint-Etienne marah besar dan menyatakan bahwa itu "benar-benar tidak dapat diterima".

The Gunners akhirnya menjelaskan alasan di balik keputusan mereka, mengatakan bahwa keselamatan Saliba menjadi prioritas klub. Sebagimana diketahui, bek asal Perancis itu mengalami masalah hamstring yang membuatnya absen pada awal musim, kemudian patah tulang metatarsal memaksanya beristirahat selama hampir tiga bulan pada pergantian tahun.

Dalam pernyataan panjang yang dirilis pada Rabu (1/7), Arsenal menyatakan: “Sepanjang diskusi kami dengan St Etienne, tujuan kami adalah untuk melindungi keselamatan William Saliba serta kepentingan Arsenal Football Club, sambil menghormati persyaratan pinjaman.

“Meskipun pinjaman berakhir pada 30 Juni, kami bersedia menemukan cara bagi William untuk bermain di final piala [Perancis] pada 24 Juli, meskipun tidak ada kewajiban dalam Kontrak.

“Ketika William kembali dari cedera, kami meminta St Etienne mengikuti rencana pelatihan yang jelas dengan William dalam kerja sama yang erat dengan kami, untuk memastikan ia sepenuhnya fit untuk awal musim depan.

“Yang mengejutkan kami, kami tidak dapat mencapai persetujuan untuk rencana ini yang diusulkan oleh para ahli medis kami, dan kami sama sekali tidak siap mengambil risiko keselamatan seorang pemain Arsenal.”

Diketahui juga bahwa Arsenal diminta membayar 2,5 juta poundsterling kepada Saint-Etienne jika Saliba bermain di final Coupe de France, tetapi mereka enggan memenuhinya meskipun sang pemain sudah pasti akan kecewa.

“Kami tahu ini mengecewakan bagi William, tetapi ia mengerti kami berupaya melindungi kepentingan jangka panjangnya dan kepentingan Arsenal,” tutup pernyataan The Gunners.

Artikel Tag: Willian, Arsenal, Saint-Etienne, transfer

3065  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini