Kompetisi di Negaranya Disetop, Robert Alberts Berikan Tanggapan

Penulis: M. Aldi
Kamis 30 Apr 2020, 22:15 WIB
Kompetisi di Negaranya Disetop, Robert Alberts Berikan Tanggapan

Robert Rene Alberts

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Pekan lalu KNVB mengumumkan gelaran kompetisi kasta teratas dan kedua Belanda dihentikan. Federasi sepakbola negeri kincir angin tersebut juga memastikan tidak ada klub yang menjadi juara dan degradasi di musim 2019/2020.

Di saat beberapa negara mulai membuka wacana menggelar kembali kompetisi, Belanda malah mengakhiri liga. Itu merupakan dampak dari kebijakan lockdown yang diperpanjang hingga 1 September. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts pun memberi tanggapannya.

Pria kelahiran Amsterdam, 65 tahun silam itu menilai keputusan yang diambil liga di negaranya merupakan sikap demokratis. Itu karena bukan KNVB yang mengambil keputusan langsung tapi klub-klub peserta yang melakukan pengambilan suara lebih dulu.

"Keputusan di Belanda untuk menghentikan liga bukan keputusan dari KNVB. Semua harus paham mengenai hal ini. Keputusan dibuat oleh pertemuan antara semua klub profesional klub dari negara itu," kata Robert ketika dihubungi.

"Jadi itu bukan keputusan dari KNVB, tapi keputusan dari semua klub yang terlibat di Belanda. Dari pertemuan itu, yang saya tahu, 14 klub positif (sepakat dihentikan), 7 klub berpendapat netral dan 7 tim bersebrangan dengan keputusan itu," jelasnya.

Apa yang terjadi di Belanda pun menurutnya perlu diapresiasi. "Jadi pada prinsipnya itu merupakan keputusan demokratis yang dibuat oleh klub. Tetapi KNVB yang akhirnya memberi keputusan berdasarkan apa yang disepakati oleh klub-klub," jelasnya.

Upaya pemerintah Belanda yang ingin terus menekan angka warga terpapar virus covid-19 dipahami Robert. Maka dari itu gelaran yang melibatkan orang banyak seperti laga sepakbola belum bisa digelar dalam waktu dekat.

Robert pun berpendapat memang lebih baik kompetisi dihentikan dan fokus dulu pada penanganan virus. Ketika wabah sudah usai, baru musim kompetisi baru bisa dimainkan. Meski dia pun paham ada pihak yang tidak setuju dengan ini.

"Dalam situasi terkini di Belanda, saya pikir itu adil karena memang lebih baik menghentikan liga dan memulai liga yang baru ketika krisis ini sudah usai. Negara sudah melakukan ini dan mayoritas orang-orang di Belanda setuju untuk keputusan ini," katanya.

"Tentunya memang ada orang dan klub yang tidak setuju, tetapi mayoritas setuju karena keputusan sudah dibuat oleh klub dan disetujui KNVB," tutup pria yang memulai karir junior bersama tim muda Ajax Amterdam itu.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Eredivisie

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/kompetisi-di-negaranya-disetop-robert-alberts-berikan-tanggapan
865  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini