Klub-Klub Inggris Mengandalkan Kekuatan Uang

Penulis: Stefanus Toni
Rabu 16 Sep 2015, 17:14 WIB
Klub-Klub Inggris Mengandalkan Kekuatan Uang

Kekuatan uang klub-klub Inggris

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga.com - CEO Bayern Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge, telah mendesak klub sepak bola Jerman untuk tidak tertinggal dalam kancah sepak bola internasional. Rummenigge mengungkapkan peringatan ini mengingat kedahsyatan kekuatan uang tim-tim Inggris.

"Anda dapat menyaksikan seberapa aktif klub Inggris saat ini di bursa transfer. Bundesliga perlu berhati-hati untuk tidak mengosongkan pemain-pemain berbakat dengan menjualnya ke Inggris", kata Rummenigge. Premier League jelas memiliki sumur dana lebih besar dari liga-liga Eropa lainnya.

Bundesliga memang bukan liga yang akan menggelontorkan banyak uang untuk membeli pemain-pemain mahal, namun mereka justru berada pada spektrum sebaliknya: merasakan uang deras mengalir ke kantong mereka.

Pasalnya klub-klub dari daratan Inggris kini mulai menyasar Liga Jerman sebagai ladang pencarian pemain berbakat. Klub-klub EPL juga tak tanggung-tanggung dalam menggelontorkan banyak uang.

Bahkan, dilansir Transfermarkt, hingga berita ini diturunkan, klub-klub Inggris telah menggelontorkan 135,6 juta euro untuk merekrut para pemain Bundesliga

Besarnya jumlah uang yang mengalir ke Bundesliga itu tak lepas dari nilai tinggi transfer pemain-pemain seperti Roberto Firmino (Hoffenheim ke Liverpool) yang mencapai 41 juta euro, atau Abdul Rahman Baba (Augsburg ke Chelsea) dengan banderol 20 juta euro, hingga terakhir Son Heung-Min (Bayer Leverkusen ke Tottenham Hotspur) dengan harga 30 juta euro.

Jumlah itu juga bertambah, setelah pemain sayap Wolfsburg, Kevin de Bruyne, merapat ke Manchester City pada pekan ini dengan harga lebih dari 80 juta euro.

Meski klub seperti Bayern Munich mampu menjadi klub yang ditakuti di kancah Eropa, tidak dapat dipungkiri Bundesliga seringkali kesulitan mempertahankan pemain-pemain terbaik mereka.

Popularitas Bundesliga yang masih kalah dibandingkan dengan Liga Primer maupun La Liga Spanyol, seringkali membuat kompetisi Jerman itu dianggap sebagai salah satu liga 'penjual'. Di masa lalu Bundesliga juga seringkali hanya menjadi persinggahan sementara para pemain muda, sebelum mereka mendapatkan perhatian dari klub lain di liga-liga elit Eropa.

Hal itu disebabkan kekuatan finansial Bundesliga yang masih kalah dibandingkan Liga Primer atau La Liga. Tak jarang, usaha klub Bundesliga mempertahankan pemain mereka selalu terbentur oleh besarnya gaji yang ditawarkan oleh klub Inggris atau Spanyol.

Bahkan hingga saat ini, hanya ada beberapa klub seperti Bayern Munich atau Vfl Wolfsburg yang mampu bersaing secara finansial dengan klub-klub Liga Primer. Memang, jika melihat dari sisi permainan ataupun materi pemain, Bundesliga sebenarnya tidak kalah dengan Liga Primer. Akan tetapi ketika klub-klub besar Eropa mulai merogoh kocek mereka, Bundesliga saat ini berada di pihak yang kalah.


Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/klub-klub-inggris-mengandalkan-kekuatan-uang
778  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini