Klub Kebanggaan Menang 13-0, Robert Malah Sentil Standar Eredivisie

Penulis: M. Aldi
Selasa 27 Okt 2020, 06:30 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts

Berita Liga 1 Indonesia: Kemenangan fantastis yang mampu ditorehkan Ajax Amsterdam atas VVV Venlo ditanggapi pelatih Persib, Robert Rene Alberts. Menurutnya ada dua sisi yang dilihatnya dari skor 13-0 yang menghiasi hasil akhir pertandingan itu.

Pada laga pekan keenam Eredivisie 2020-2021, Ajax tampil sebagai tim tamu. Laga ini sendiri digelar Sabtu (24/10) lalu di stadion De Koel yang merupakan kandang VVV. Namun status sebagai tim tamu tak membuat tim asuhan Erik ten Hag itu kehilangan taji.

Benar saja, kemenangan dengan margin gol sangat lebar ini lantas menjadi sejarah di persepakbolaan Belanda. Status sebagai fans Ajax karena lahir di Amsterdam dan mengawali karir sepakbola disana tentu membuat nahkoda Persib berusia 65 tahun ini senang.

Tetapi di sisi lain, dia merasa miris dengan kondisi dari kompetisi di Belanda. Menurutnya standar klub Eredivisie kini menurun jika menilik dari skor 13-0 yang seharusnya tidak terjadi dalam pertemuan dua tim dari kasta setara.

"Iya Ajax menang 13-0, saya rasa itu bukanlah tanda yang bagus dari standar liga di Belanda untuk saat ini. Kalian tak akan melihat ada kemenangan di liga dengan skor 13-0 jika melawan tim yang selevel," jelasnya saat diwawancara secara virtual.

Untuk duel tim sesama anggota kompetisi kasta tertinggi, biasanya jarak angka yang tipis yang jadi penghias papan skor. Namun kedudukan 13-0 menurutnya lebih mirip bentrok klub elit tier pertama melawan tim kasta bawah di event turnamen domestik.

Robert pun menyimpulkan bahwa Eredivisie standarnya sudah mulai merosot. Kondisi itu yang membuatnya sedih lantaran sebelumnya liga Belanda sempat disegani di Eropa dan juga dunia, persaingan di antara kontestan pun begitu sengit.

"Mungkin saja terjadi tetapi jika itu adalah pertandingan di turnamen domestik dan menghadapi klub dari kasta lebih rendah. Tapi jika di event liga, seharusnya tidak terjadi kemenangan dengan skor 13-0. Itu jadi penanda bahwa Liga Belanda untuk saat ini tidak begitu kuat," kata pria yang menukangi Persib sejak musim 2019 itu.

Dalam laga ini Ajax unggul lewat koleksi gol dari Lassina Traore yang mencetak quintrick (17', 32', 54', 65', 87'). Delapan gol lainnya dicetak Jurgen Ekkelenkamp (12', 57'), Dusan Tadic (44'), Antony (55'), Daley Blind (59'), Klaas Jan Huntelaar (74', 76'), dan Lisandro Martinez (78').

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Ajax Amsterdam

663  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini