Klopp Belajar Banyak dari Keterpurukan Liverpool Musim Lalu

Penulis: Dwi Prima
Selasa 30 Nov 2021, 19:24 WIB
Klopp Belajar Banyak dari Keterpurukan Liverpool Musim Lalu

Jurgen Klopp / via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Manajer Liverpool, Jurgen Klopp tidak melihat saat-saat frustasi yang dia alami musim lalu sebagai musim yang "hilang" karena dia belajar banyak dari itu dan kesalahan yang dia buat.

Saat ia memulai persiapan untuk derby Merseyside tengah pekan di Goodison Park, pertandingan pada Oktober 2020 di mana segala sesuatunya mulai berjalan buruk bagi sang juara bertahan setelah Virgil van Dijk mengakhiri musimnya dengan tekel sembrono Jordan Pickford, pelatih asal Jerman itu menerimanya bahwa banyak hal yang salah tahun lalu.

Maju cepat 13 bulan dan segalanya tidak bisa lebih berbeda setelah kemenangan 4-0 yang nyaman atas Southampton, dengan membuat 39 gol yang dicetak dalam 13 pertandingan Liga Premier.

Sejauh ini satu-satunya masalah cedera yang harus dia tangani adalah di lini tengah, lini di mana dia memiliki kedalaman terbesar, tetapi bahkan itu sudah mereda.

Tidak perlu bermain pasak persegi di lubang bundar, seperti yang dia lakukan setahun yang lalu ketika dia menggunakan gelandang bertahan Fabinho dan Jordan Henderson sebagai bek tengah sementara seperti Joe Gomez, juga untuk masalah lutut, dan kemudian Joel Matip (pergelangan kaki) juga mengakhiri musim mereka sebelum waktunya.

Kemudian Klopp awalnya tidak memercayai opsi pertahanan cadangannya dari Nat Phillips dan Rhys Williams, keduanya rookie tim utama, tetapi dia menyadari bahwa itu sekarang adalah kesalahan penilaian.

"Saya belajar banyak. Saya membuat kesalahan, jadi mudah bagi saya untuk melihat ke belakang dan berpikir, 'itu salah, itu salah',” kata bos Liverpool.

“Tetapi pada saat kami membuat keputusan, ketika kami menempatkan gelandang dan kemudian bermain tanpa perlindungan di lini tengah, lini terakhir yang lebih dalam, tidak terlalu kompak dalam banyak momen, mungkin kami seharusnya memainkan Rhys dan Nat bersama lebih awal dan dipercaya.

“Saat itu saya pikir mereka belum siap, kemudian mereka siap dan mereka berdua bisa bermain. Itu akan memberi kami sedikit lebih banyak stabilitas di area lain.

“Kehilangan bek tengah itu seperti mematahkan kaki, tetapi jika Anda kemudian menempatkan gelandang di baris terakhir dan membuka celah lain maka Anda mematahkan tulang punggung Anda dan tiba-tiba Anda tidak bisa berjalan lagi.

“Itu persis seperti tahun lalu. Itu bukan musim yang hilang, saya belajar lebih banyak daripada musim lainnya, tetapi itu adalah musim yang sulit dan menyelesaikan musim itu di posisi ketiga adalah pencapaian yang benar-benar luar biasa.”

Artikel Tag: Liverpool, Jurgen Klopp, Premier League 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/klopp-belajar-banyak-dari-keterpurukan-liverpool-musim-lalu
910  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini