Kim Optimis Segera Merumput Lagi Usai Cedera Retak Tulang Rusuk

Penulis: M. Aldi
Minggu 27 Sep 2020, 21:45 WIB
Gelandang Persib, KIm Jeffrey Kurniawan

Kim Jeffrey Kurniawan

Berita Liga 1 Indonesia : Kim Jeffrey Kurniawan berbicara soal cedera retak tulang rusuk yang dialaminya. Gelandang Persib Bandung ini memang harus absen beberapa pekan usai hasil pemeriksaan MRI memaksa dia supaya beristirahat.

Awal mula cedera itu menimpa Kim adalah ketika salah satu pemain melakukan duel dengannya di sesi latihan. Dia tidak menghiraukan benturan tersebut, dan tetap berlatih selama beberapa hari setelahnya. Tapi ternyata rasa sakitnya tak berkurang dan bahkan makin terasa.

"Cedera tulang rusuk yang sempat dibilang engga ketahuan, ngeyel, sebenarnya ya sudah cukup lama cederanya. Mungkin karena vakum beberapa bulan, di awal-awal langsung kena, terus semangatnya lebih tinggi dari sakitnya, jadi yaudah lanjut, cuma akhirnya malah tambah sakit," ujarnya ketika diwawancara.

Akhirnya diputuskan untuk melakukan pemeriksaan MRI agar diketahui apa penyebab sakitnya makin parah. Lalu hasilnya ditemukan fraktur dan membuatnya harus beristirahat untuk proses pemulihan. Kabarnya dia sudah boleh ikut berlatih pekan depan.

"Memang butuh pemeriksaan lebih lanjut, setelah diperiksa ada masalah di tulang rusuk. Tapi mingguan saja, sekarang saya sudah gatal juga tiga minggu ga ikut, rencana minggu depan, perkiraan Selasa sudah mulai gabung latihan," kata dia melanjutkan.

Pemain blasteran Indonesia-Jerman itu yakin dia tak perlu lama-lama absen. Bahkan ketika kembali ke lapangan untuk berlatih, dia optimis kondisi fisiknya bisa cepat kembali pada bentuk terbaik meski tiga pekan beristirahat.

"Tentunya lihat kondisinya lebih ke arah individual, saya pikir hanya 2 atau 2,5 minggu absen, saya optimis kondisi fisik saya (kembali), yang penting rasa nyeri dan sakitnya sudah ga ada. Saya engga takut kembali lagi secepatnya dan bergabung seperti semula," jelas dia.

Untuk proses pemulihan cedera tulang rusuk sendiri memang harus dilakukan secara disiplin. Salah satunya dengan tak boleh banyak bergerak. Sedangkan Kim mengakui dia sempat bandel, dengan tetap beraktivitas dan melakukan olahraga ringan.

Namun karena dia ingin cepat pulih dan juga ketika menarik nafas terasa nyeri di bagian rusuk, maka Kim mengalah. Ia memilih untuk fokus pemulihan dan mengikuti arahan dokter tim Persib. Kini kondisinya sudah membaik setelah membatasi pergerakan dalam berkegiatan sehari-hari.

"Kalaupun sempat beberapa bulan di rumah, saya masih bisa olahraga sendiri. Uniknya karena sakitnya, jadi terkonek, saya sakit kaki yang kerasanya ke punggung, nafas pun saya nafas dalam terasa sakit, sekarang sudah enakan. Karena 2 minggu saya memaksakan diri bergerak sesedikit mungkin," tukasnya.

Artikel Tag: Kim Jeffrey Kurniawan, Persib

790  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini