Kick Off Liga Masih Samar, Persib Ragu-Ragu Tentukan Agenda Latihan Pramusim

Penulis: M. Aldi
Selasa 21 Jan 2020, 18:30 WIB
Kick Off Liga Masih Samar, Persib Ragu-Ragu Tentukan Agenda Latihan Pramusim

Dedi Kusnandar saat dikawal Puja Abdillah dalam sesi latihan

Berita Liga 1 Indonesia: Agenda pramusim Persib akan segera dimulai dengan komposisi pemain yang lengkap. Rencana untuk menggelar sesi pemusatan latihan pun tentu sudah ada di benak Robert Rene Alberts.

Hanya saja pria asal Belanda itu masih belum tahu kapan anak asuhnya akan dibawa ke training center. Padahal, idealnya tiap klub menggelar pemusatan latihan ke suatu daerah untuk meramu kekuatan sekaligus membangun kekompakan dalam tim.

Kendala Persib dalam merancang pemusatan latihan adalah waktu kick-off kompetisi yang masih samar. Robert pun kesulitan untuk membuat timeline program yang akan digelar Persib karena liga yang belum ditentukan oleh PSSI dan operator kompetisi.

"Kami belum tahu, kami belum tahu kapan liga akan mulai. Saat kami bermain di turnamen (Asia Challenge) tim lain sudah mulai persiapan. Hanoi sudah tahu kapan liga dimulai, Bangkok sudah tahu kapan liga dimulai dan Selangor juga," ujar Robert dalam wawancara.

Sebelumnya Persib bermain di Asia Challenge 2020 dan di ajang itu lawan-lawannya sudah fokus menatap kompetisi. Program di pramusim pun jelas lantaran waktu dimulainya kompetisi sudah ditentukan oleh federasi mereka masing-masing.

"Jadi mereka sudah tahu kapan liga dimulai, jadi mereka merasa turnamen kemarin sangat penting untuk persiapan liga. Sedangkan bagi kami, kami masih sekedar ingin melihat bagaimana standar permainan klub Asia dan bagaimana pemain baru bergabung dengan tim," jelas Robert.

Pelatih 64 tahun tersebut berharap PSSI maupun PT. LIB segera mengumumkan waktu dimulainya liga, karena sejauh ini baru sekedar wacana bahwa Liga 1 2020 akan dimulai 29 Februari. Kongres PSSI pada 25 Januari pun diharapkan Robert jadi penentu.

"Jadi kami akan lihat, nanti juga tanggal 25 akan ada kongres dan nanti mungkin baru akan diputuskan. Sekali lagi, orang di Kuala Lumpur heran soal kapan liga dimulai di Indonesia. Ini tidak bagus bagi perkembangan sepak bola Indonesia," tukasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Bandung

666  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini