Kiat Made Wirawan Rawat Kondisi Meski Sudah Berusia 40 Tahun

Penulis: M. Aldi
Selasa 24 Mei 2022, 08:30 WIB
Kiper Persib, I Made Wirawan

I Made Wirawan (Foto: Persib Official)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : I Made Wirawan masih mengisi komposisi pemain Persib untuk musim 2022/2023. Usianya yang sudah menginjak 40 tahun belum membuat sang kiper gantung sepatu dan melepas karir sebagai pemain aktif.

Disinggung mengenai rahasia tetap bugar meski umurnya sudah tidak muda lagi, Made menyebut tidak punya kiat khusus. Dia hanya berusaha untuk disiplin menjaga waktu istirahat dan meminimalisir tidur larut malam.

"Saya sih dari dulu mungkin lebih menjaga jam istirahat kemudian menjaga porsi latihan, terus ga terlalu banyak begadang. Kalau menurut saya, kalau disuruh kasih tahu tips ya ga tau karena sih, saya menjalani aja apa yang saya lakukan," ujarnya saat diwawancara usai latihan.

Selain itu, Made juga berusaha menjaga asupan makanan. "Yang pasti apa yang saya lakukan sampai saat ini masih selalu disiplin waktu, disiplin makan. Tetapi pasti ada cheatingnya," lanjut dia.

Disinggung mengenai kebiasaan memakan makanan gorengan, dia tidak menampik sangat menyukainya. Hanya saja Made berusaha untuk menikmatinya pada waktu tertentu saja. Seperti ketika waktu libur latihan usai kompetisi.

"Tapi itu makanan paling enak, cuma mungkin untuk saat ini sekarang waktu libur saya nikmati. Tapi mulai lagi dalam latihan berusaha untuk mengurangi dan kalau bisa jangan," kata penjaga gawang asal Bali tersebut.

Persaingan untuk mendapat kesempatan bermain juga kian sulit. Karena selain hadirnya sosok Teja Paku Alam yang sedang on fire, Maung Bandung juga baru merekrut Fitrul Dwi Rustapa. Namun sang kiper veteran tidak ciut nyali untuk bersaing.

"Siapa yang main nanti keputusan pelatih dan nanti kita sebagai kiper pastinya berusaha memberikan yang terbaik saat latihan dan mensupport siapa yang dipilih pelatih. Untuk siapapun yang main masih sangat terbuka karena ini baru di awal," jelas dia.

Mengenai kondisinya setelah mengikuti latihan sepekan, dia merasa tingkat kebugarannya makin meningkat. Usai libur selama satu bulan, memang fisik pemain merosot. Tetapi kini berkat program pelatih, kondisinya semakin membaik.

"Latihan di awal minggu ini kita pelan-pelan ya, untuk mulai meningkatkan lagi fisik. Jadi saya sendiri mulai merasa lebih enak. Karena kita mulainya itu bertahap," tandas kiper yang gabung Persib di musim 2013 tersebut.

Artikel Tag: I Made Wirawan, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/kiat-made-wirawan-rawat-kondisi-meski-sudah-berusia-40-tahun
558  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini