Kejeniusan Luis Milla Ubah Taktik Demi Kejar Ketertinggalan

Penulis: M. Aldi
Senin 12 Des 2022, 06:30 WIB
Pelatih Persib, Luis Milla

Luis Milla

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Kejeniusan Luis Milla kembali diperlihatkan saat membawa Persib menang 2-1 menghadapi Persebaya. Perubahan yang dilakukan membuat timnya yang ketinggalan sanggup membalikan keadaan di babak kedua.

Maung Bandung kecolongan lebih dulu dan tampil di bawah tekanan Persebaya di babak pertama. Dedi Kusnandar dan kawan-kawan tidak mampu mengembangkan permainan lantaran lebih sibuk meredam serangan lawan. Diakui oleh pelatih asal Spanyol tersebut, memang rencana tim tidak berjalan dengan baik selama interval pertama.

"Di babak pertama rencana kami adalah ingin lebih banyak melakukan operan vertikal dan melancarkan serangan balik. Kami tahu cara bermain Persebaya yang banyak menempatkan gelandang di lapangan. Di babak pertama, dalam 30 menit terakhir mereka memang bermain dengan lebih baik dengan menerapkan pertahanan yang tangguh juga," sebut pelatih berusia 56 tahun itu kepada wartawan.

Ketinggalan satu gol pun langsung direspon Milla dengan perubahan taktik. Menurutnya salah satu masalah timnya adalah kerepotan meredam kecepatan pemain lawan. Karena itu, formasi 3-4-3 yang diterapkan diubah menjadi 4-4-2 dan berjudi menarik keluar Nick Kuipers. Henhen Herdiana yang dipasang oleh sang pelatih sebagai full back kanan.

"Setelah itu, kami merasa pemain harus melakukan banyak pembenahan, dan di babak kedua tim berada dalam situasi tertinggal dan kami juga harus lebih cepat di pertahanan. Karena itu, kami memainkan Henhen yang lebih cepat dan setelah itu kami berada dalam situasi yang lebih baik," ujarnya.

Perubahan lainnya adalah memasukan Abdul Aziz dan Beckham Putra Nugraha yang berposisi sebagai gelandang. Kehadiran dua pemain ini diharapkan bisa membuat tim bisa menguasai bola lebih banyak dan hasilnya jitu. Aliran serangan bisa lebih mulus ditujukan ke lini depan.

"Selain itu kami perlu lebih banyak menguasai bola dengan memasukan Aziz dan Beckham, itu rencananya. Di awal kami lebih fokus melakukan serangan balik dan tertinggal pada babak kedua kami harus lebih mengontrol permainan serta menguasai bola," tukasnya.

Usaha yang dilakukan pun berakhir indah. Persib akhirnya menutup laga dengan skor 2-1 dan membawa pulang tiga poin di laga pekan ke-13 ini. Ciro Alves dan David da Silva yang menjadi pahlawan berkat gol-gol yang dihasilkannya.

Artikel Tag: Luis Milla, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/kejeniusan-luis-milla-ubah-taktik-demi-kejar-ketertinggalan
458  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini