Kejayaan Timnas Inggris Mulai Luntur, Gareth Southgate Ungkap Alasannya

Penulis: Febrian Kusuma
Rabu 28 Okt 2020, 12:00 WIB
Gareth Southgate Ungkap Kegagalan Dibalik Mandeknya Prestasi Timnas Inggris

Gareth Southgate (Sumber: Photo by Daniel Leal Olivas)

Berita Liga Inggris: Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate menilai bahwa kegagalan FA mengekspor para pemain muda ke luar negeri menjadi salah satu alasan dibalik kegagalan The Three Lions berprestasi di kancah internasional.

Sampai saat ini tim Tiga Singa memang tak lagi meraih gelar juara, setelah terakhir kali mereka juara Piala Dunia pada 1966 silam. Dalam beberapa tahun terakhir, peringkat mereka di FIFA juga mengalami penurunan, padahal negeri Ratu Elizabeth tersebut memiliki kompetisi terbaik di dunia.

Sementara negera-negara seperti Belgia, Portugal, atau Kroasia justru berhasil memiliki prestasi yang lebih baik, kendati kompetisi mereka hanya dipandang sebelah mata. Southgate pun menilai bahwa kecenderungan para pemain Inggris yang hanya memilih berkarier di dalam negeri menjadi alasan dibalik mandeknya prestasi The Three Lions di kancah internasional.

Ia menyebut bahwa FA terlambat menyadari arti pentingnya mengekspor para pemain muda ke luar negeri. Padahal hal itu akan berdampak bagus untuk pemain, terutama dari segi mental.

“Negara di Eropa lainnya sudah melakukan itu, sangat sering liga mereka tidak mampu mendukung pemain yang lebih baik, negara-negara kecil, Kroasia, Portugal, Belgia, mereka memilih untuk mengekspor pemain,” ucap Gareth Southgate kepada DailyMail.

“Jadi liga mereka sendiri penuh dengan pemain muda terbaik, sementara pemain terbaik mereka pergi dan bermain di Serie A, Bundesliga, Liga Premier, atau La Liga. Kami belum melakukan itu, sebagai konsekuensinya kami tak lagi memiliki prestasi internasional,” pungkasnya.

Artikel Tag: Gareth Southgate, Inggris

694  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini