Karena Alasan Finansial, Robert Sebut Persib Sulit Gelar TC

Penulis: M. Aldi
Rabu 02 Jun 2021, 03:00 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts (foto : Persib Official)

Berita Liga 1 Indonesia : Masa pramusim idealnya diisi dengan kegiatan pemusatan latihan. Namun untuk musim ini, Robert Rene Alberts menyebut kemungkinan besar timnya tak akan melakukan agenda tersebut karena masalah finansial.

Sudah beberapa kontestan Liga 1 2021/2022 menggelar sesi pemusatan latihan di masa pramusim. Hanya saja tidak bagi Persib karena kas klub sedang terbatas. Butuh pengeluaran yang besar untuk mengumpulkan tim di suatu tempat selama kurun waktu sekitar satu pekan.

"Mengenai pemusatan latihan nampaknya sulit karena ini soal finansial dan kami tahu banyak klub tidak memiliki banyak uang untuk saat ini, tidak banyak pemasukan. Jadi saya pikir kami tidak bisa melakukan pemusatan latihan karena itu terlalu mahal untuk keuangan klub," kata pelatih 66 tahun ini ketika diwawancara secara virtual.

Robert juga mengatakan idealnya training camp dilakukan pada awal pramusim. Jika terlalu dekat dengan kick off kompetisi, itu akan sangat melelahkan bagi pemain. Sebab kegiatan TC begitu menguras energi dan mental.

"Tidak, karena pada dasarnya pemusatan latihan itu untuk membangun fisik dan mental pemain. Kami sekitar sepekan berada di hotel, berlatih dua kali sehari dan terkadang diberi materi teori juga. Jadi ketika kembali dari masa pemusatan latihan pemain pasti kelelahan jadi tidak bisa langsung bermain di liga," jelasnya.

Hanya saja Robert menyebut mungkin saja Persib membuat agenda kamp motivasi. Karena secara finansial tidak akan terlalu menguras keuangan klub. Selain kegiatan itu pun sangat penting bagi tim menyambut kompetisi.

"Tetapi jika menggelar kamp motivasi itu berbeda, kamp motivasi tidak pergi ke hotel lalu para pemain 'terkunci' lagi, tapi pemain berpikir dan juga melakukan beberapa aktivitas,' katanya.

"Untuk kamp motivasi mungkin dilakukan karena kami tidak bisa menggelar pemusatan latihan. Jadi untuk kamp motivasi tentu masuk dalam program dan itu akan dilakukan setelah kami tahu kapan liga akan dimulai," lanjut dia.

Nantinya pria asal Belanda ini akan memberikan motivasi kepada pemain untuk tampil dengan penuh semangat. Agenda kamp motivasi juga sudah rutin dilakukan oleh Robert sejak dia ditunjuk menjadi pelatih Persib di musim 2019.

"Iya, selain itu kami akan berbicara dengan pemain soal format liga, apa yang ingin kami capai dan juga membangun kekompakan tim, bagaimana kami menjadi tim terbaik di Indonesia," tutur mantan pelatih PSM dan Arema tersebut memungkasi.

Artikel Tag: Persib, robert rene alberts

368  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini