banner babe

Kalahkan Munchen, Man City Sandang Gelar Klub Terbaik Dunia

Penulis: Uphit Kratos
Selasa 15 Okt 2019, 10:30 WIB
Kalahkan Munchen, Man City Sandang Gelar Klub Terbaik Dunia

Manchester City/metro.co.uk

Berita Liga Inggris: Dari 628 tim terbaik di dunia, FiveThirtyEight menempatkan Manchester City sebagai yang terbaik dengan rating SPI sebesar 95,2.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, perlahan tapi pasti Manchester City berhasil menjelma jadi salah satu klub tersukses di Liga Inggris. Torehan positif tersebut tidak lepas dari investasi besar-besaran yang digelontorkan sang bos besar, Sheikh Mansour.

Sejak diambil dari tangan Thaksin Shinawatra bulan September tahun 2008 silam, Man City berubah jadi klub super kaya dengan dana transfer tak terbatas. Banyak pemain dan pelatih bintang keluar masuk klub ini, sehingga banyak orang yang menuding The Citizens sebagai klub pembeli gelar.

Meskipun begitu, faktanya sekarang Man City tumbuh dengan luar biasa. Bahkan dalam penelitian terbaru dari FiveThirtyEight, klub yang dinakhodai Pep Guardiola ini berhasil keluar sebagai klub terbaik dunia dengan rating SPI sebesar 95,2.

Di bawah Si Biru Langit, ada nama Bayern Munchen dengan nilai SPI 93.3, Liverpool dengan nilai SPI 92.8, Paris Saint Germain dengan SPI 89.5 dan Barcelona dengan nilai SPI 88.6.

Yang paling menarik, keberhasilan Man City meraih gelar sebagai klub terbaik dunia ini, tidak diikuti oleh sang tetangga, Manchester United. Menurut penelitian FiveThirtyEight, MU hanya berada di posisi 15, di bawah dua klub Bundesliga yang sedang berkembang, RB Salzburg dan RB Leipzig.

Penelitian FiveThirtyEight ini tidak asal-asalan. Mereka menggunakan metode dan algoritma khusus untuk menilai penilaian agresivitas serangan, peluang jumlah gol saat pertandingan kandang dan tandang, peringkat pertahanan dan metode lainnya.

Artikel Tag: Manchester City, klub terbaik, penelitian

8387  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini