Juventus, Barcelona, dan Real Madrid Masih Yakin dengan European Super League

Penulis: Rei Darius
Sabtu 31 Jul 2021, 14:45 WIB
Tiga klub tersisa kembali nyatakan dukungan terhadap European Super League.

Juventus, Barcelona, dan Real Madrid masih percaya diri dengan European Super League (image: Juventus)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Juventus, Barcelona, dan Real Madrid menyambut baik keputusan pengadilan Madrid yang memenangkan banding mereka atas tuntutan UEFA soal European Super League.

Sebelumnya, penyelenggaraan ESL ini sudah menjadi kontroversi semenjak 12 klub mengumumkan penciptaan liga elite yang dimaksudkan untuk menandingi Liga Champions.

Sembilan klub — Big Six Premier League, duo Milan, dan Atletico Madrid — telah mengumumkan penarikan diri dari proyek ini, jadi hanya tinggal tersisa Juventus, Barcelona, dan Real Madrid pada saat ini.

UFEA telah mendesak mereka untuk membubarkan segera proyek ESL, selagi menjatuhkan sanksi kepada sembilan klub yang sempat terlibat, namun pengadilan Madrid memenangkan banding pihak ESL.

"FC Barcelona, Juventus, dan Real Madrid menyambut baik keputusan pengadilan, yang mencabut tindakan UEFA terhadap klub-klub penggagas European Super League, termasuk mengakhiri hukuman disipliner terhadap tiga klub yang tersisa dan juga mencabut sanksi dan batasan yang dijatuhkan kepada sembilan klub penggagas lain," bunyi pernyataan resmi tersebut.

"Pengadilan mendukung permintaan yang dibuat oleh promotor dari European Super League, menolak banding UEFA, dan mengonfirmasi peringatannya terhadap kegagalan UEFA untuk menjatuhi hukuman denda dan juga potensi pertanggungjawaban pidana. Kasus ini kini akan ditinjau oleh Pengadilan Eropa di Luksemburg, yang akan melihat kembali posisi UEFA yang memonopoli sepak bola Eropa."

Dari awal, klub-klub pendiri ESL ini mengumumkan peluncuran sebagai bentuk dari kekecewaan Badan Sepak Bola Eropa dalam membantu mereka untuk mengatasi krisis finansial yang diakibatkan oleh pandemi.

Mereka dianggap telah memonopoli penyelenggaraan sepak bola di Eropa, dan karena itu penciptaan ESL tidak terelakkan.

"Kami memiliki tugas untuk menyampaikan masalah yang sangat serius yang kami hadapi di sepak bola: UEFA menjadikan dirinya sebagai regulator satu-satunya, operator ekslusif, dan pemilik hak citra yang unik terhadap kompetisi sepak bola Eropa," tambah pengumuman tersebut.

"Posisi memonopoli ini, dalam konflik kepentingan, melukai sepak bola dan keseimbangan kompetitifnya. Sebagaimana yang telah terlihat, pengendalian finansial tidaklah cukup, dan mereka tidak menegakkan dengan benar. Klub-klub yang berpartisipasi di kompetisi-kompetisi Eropa memiliki hak untuk mendirikan kompetisi mereka sendiri."

Menurut publik, penciptaan ESL dianggap akan merusak masa depan sepak bola karena formula yang ditawarkan menjadikan mereka sebagai klub-klub ekslusif, namun pihak promotor menyatakan kesediaan mereka untuk menggodok kembali ide tersebut.

"Kami gembira karena tidak lagi di bawah ancaman UEFA. Tujuan kami adalah untuk mengembangkan proyek Super League dalam cara yang membangun dan kooperatif, selalu mengandalkan seluruh stakeholder dalam sepak bola: fans, pemain, pelatih, klub, liga, dan asosiasi nasional dan internasional," lanjut pengumuman tersebut.

"Kami menyadari bahwa ada elemen dalam proposal kami yang perlu ditinjau ulang, dan tentu saja, bisa diperbaiki melalui dialog dan konsensus. Kami masih percaya diri dengan kesuksesan proyek ini, karena selalu berada dalam jalur hukum Uni Eropa."

Artikel Tag: European Super League, Juventus, Barcelona, Real Madrid, UEFA

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/juventus-barcelona-dan-real-madrid-masih-yakin-dengan-european-super-league
553  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini