Jika Liga Inggris Dilanjutkan, Banyak Pemain Diklaim Akan Cedera

Penulis: Ananda Barezilla
Rabu 15 Apr 2020, 20:30 WIB
Jika Liga Inggris Dilanjutkan, Banyak Pemain Diklaim Akan Cedera

David Moyes (Foto: Getty)

Berita Liga Inggris: Manajer West Ham, David Moyes, mengungkapkan kekhawatirannya perihal akan banyaknya pemain yang cedera jika seandainya Liga Inggris kembali dilanjutkan setelah pandemi corona ini berakhir.

Adanya virus covid-19 ini memang menyebabkan dampak yang tidak main-main. Dalam bidang sepak bola, berbagai macam tantangan kemudian bermunculan sebagai bentuk imbas dari penangguhan kompetisi.

Salah satu tantangan yang saat ini paling banyak diperbincangkan di tengah-tengah pandemi ini adalah bagaimana menyelamatkan klub--terutama klub-klub yang tidak memiliki keuangan yang mapan--dari kebangkrutan. Berbagai cara dilakukan mulai dari memotong gaji pemain, sampai yang paling ekstrem adalah dengan cara merumahkan para pegawai dan staf klub. Tujuannya jelas: menghemat pengeluaran klub.

Bahkan seandainya pandemi ini mulai menghilang dan kompetisi bisa kembali dilanjutkan, masih ada beberapa tantangan menanti di depan. Salah satunya adalah tentang kebugaran pemain.

Meski selama masa lockdown ini para pemain diwajibkan tetap berlatih di rumah masing-masing, tentu saja porsi latihannya sangat berbeda dengan latihan yang biasa dilakukan di komplek latihan klub.

Sementara itu, beberapa pihak otoritas liga di Eropa masih bergelut dengan masalah bagaimana cara menyelesaikan kampanye musim 2019/20 dalam skala waktu yang terbilang cukup pendek ini. Beberapa usulan menyebutkan kalau klub perlu memainkan tiga pertandingan dalam jangka waktu seminggu agar bertujuan tak mengganggu jadwal kalender musim depan.

Dengan jadwal yang padat seperti itu, tak heran banyak yang mengkhawatirkan kebugaran para pemain. Mantan pelatih Manchester United, David Moyes, juga mengkhawatirkan hal yang sama.

"Saat ini semua orang membicarakan risiko cedera yang akan kami tanggung baik selama 3 minggu masa persiapan atau selama periode dimana sepertinya kita harus memainkan banyak pertandingan dalam periode waktu yang sangat singkat," ungkap pelatih berumur 56 tahun ini dikutip dari Talk Sport.

Moyes juga mengatakan bahwa pemain setidaknya butuh waktu 4 minggu untuk mengembalikan kebugarannya meskipun hal itu sepertinya sulit terlaksana.

"Saya rasa bahwa 4 minggu adalah waktu yang ideal [untuk mengembalikan kebugaran pemain]," ujar Moyes. "Tapi saya rasa 3 minggu adalah waktu maksimal yang bisa kita dapatkan."

West Ham saat ini berada di posisi 16 klasemen dengan mengumpulkan 27 poin.

Artikel Tag: David Moyes, West Ham United, Virus Corona

302  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini