Jika Bukan karena Mikel Arteta, Granit Xhaka Sudah Tinggalkan Arsenal

Penulis: Fery Andriyansyah
Senin 28 Sep 2020, 05:00 WIB
Granit Xhaka mau bertahan di Arsenal karena Mikel Arteta

Mikel Arteta dan Granit Xhaka. (Foto: Getty Images)

Berita Liga Inggris: Gelandang Arsenal, Granit Xhaka, mengatakan Mikel Arteta memiliki pengaruh besar dalam keputusannya untuk bertahan di klub setelah berselisih dengan para penggemar.

Pemain berusia 28 tahun itu menjadi salah satu pemain kunci dalam kesuksesan The Gunners menjuarai Piala FA musim lalu, yang memastikan tempat mereka di Liga Europa musim ini setelah hanya finis kedelapan di Premier League.

Ini jauh berbeda jika kembali ke awal November, ketika masa depan Granit Xhaka di Emirates Stadium tampak suram setelah ia berseteru dengan pendukung sendiri ketika ditarik keluar di laga melawan Crystal Palace. Alhasil, ban kapten dari lengannya dicopot oleh mantan bos Unai Emery seminggu kemudian.

Mikel Arteta kemudian ditunjuk sebagai pelatih kepala baru pada Desember menyusul pemecatan Unai Emery setelah rentetan hasil buruk yang diraih The Gunners. Perlahan-lahan, Arsenal menunjukkan kemajuan baik di dalam maupun luar lapangan, dan Granit Xhaka merasakan betul dampak tersebut.

Granit Xhaka sempat membulatkan tekadnya untuk meninggalkan London utara saat itu, dengan Hertha Berlin tertarik untuk membawa mantan pemain Borussia Monchengladbach itu kembali ke Bundesliga, tetapi Mikel Arteta berhasil meyakinkannya untuk bertahan di klub.

"Satu hal yang pasti, saya tidak akan berada di London tanpa dia," kata sang gelandang kepada Swiss Telegraphic Agency. "Dia adalah faktor penentu, dengan filosofinya, dengan gayanya, dengan idenya. Saya sangat berterima kasih padanya untuk itu.

"Saya memanjakan Mikel Arteta dengan kemenangan [Piala FA]. Ini memberinya kepercayaan diri dan keamanan tertentu. Kami para pemain menyelamatkan musim yang aneh dengan kemungkinan kualifikasi terakhir untuk bisnis internasional. Saya tidak ingin membayangkan bagaimana reaksinya jika kami melewatkan Liga Europa."

Artikel Tag: Granit Xhaka, Mikel Arteta, Arsenal

1727  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini