Italia Lolos ke Final Usai Kalahkan Spanyol Lewat Drama Adu Penalti

Penulis: Rei Darius
Rabu 07 Jul 2021, 05:00 WIB
Italia lolos ke final usai menang adu penalti kontra Spanyol.

Italia sukses melenggang ke final berkat Jorginho (Image: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Eropa: Drama adu penalti harus dimainkan di Wembley Stadium, Rabu (7/7) dini hari WIB, dengan Italia berhasil keluar sebagai pemenang setelah Spanyol menahan 1-1 selama 120 menit.

Gli Azzurri unggul terlebih dulu lewat gol Federico Chiesa pada menit ke-60, namun Alvaro Morata memaksa laga dimainkan hingga perpanjangan waktu, dan kemudian adu penalti, lewat gol penyeimbangnya pada menit ke-80.

Nicolo Barella hampir mencetak gol pada menit keempat, ketika ia menerima umpan terobosan dari Emerson Palmieri dan sepakannya yang mengincar tiang jauh dari gawang kawalan Unai Simon. Tembakannya dimentahkan oleh tiang gawang namun hakim garis mengangkat bendera pertanda offside.

Spanyol hampir membalas ketika umpan terobosan Pedri ke kotak penalti sampai ke kaki Mikel Oyarzabal, namun ia tidak mengontrolnya dengan baik, sehingga Emerson mengamankan bola dengan mudah dan kans pun sirna.

Lini pertahanan La Furia Roja dibuat berantakan ketika Emerson mendapatkan umpan terobosan dari tengah dan menarik Unai Simon keluar dari gawangnya. Ciro Immobile mengentikan bola terlalu lama ketika Barella menunggunya, dan gawang sudah tertutup ketika Italia mencoba untuk menembak.

Gianluigi Donnarumma dipaksa membuat penyelamatan setelah Dani Olmo mendapatkan bola di kotak penalti, setelah Leonardo Bonucci gagal menghentikan tembakan pertama dari sang penyerang RB Leipzig.

Azzurri memiliki peluang emas menjelang jeda turun minum, ketika pergerakan Lorenzo Insigne menarik para defender untuk mengawalnya. Sang penyerang Napoli memberikan bola kepada Emerson, namun tembakan sang bek kiri Chelsea dimentahkan oleh tiang gawang.

Lima menit setelah babak kedua dimainkan, Dani Olmo mengkreasi peluang memanjakan untuk Ferran Torres, namun Giovanni Di Lorenzo membuang bola sebelum tersentuh oleh sang penyerang sayap Manchester City.La Furia Roja melanjutkan dominasinya dengan Oyarzabal menciptakan peluang untuk Sergio Busquets, namun tembakan sang gelandang Barcelona masih berada sedikit di atas gawang Donnarumma.

Namun terobosan terjadi untuk Azzurri ketika Immobile disajikan umpan terobosan oleh Insigne, dan ia ditekel. Bola liar kemudian diterima oleh Federico Chiesa yang kemudian mengirimnya ke pojok gawang kawalan Simon. Itu merupakan gol keduanya di Piala Eropa 2020, yang keduanya dilesakkan di Wembley.

Sesaat kemudian, Oyarzabal punya kans untuk menyamakan kedudukan ketika ia lepas dari jebakan offside, namun tandukannya masih sedikit melebar dari gawang Donnarumma. Demikian pula dengan sepakan Olmo dari luar kotak penalti.

Chiesa kemudian kembali menciptakan kans untuk Azzurri dengan memberikan bola kepada Domenico Berardi, namun tembakan dari sang penyerang Sassuolo masih bisa diredam oleh Unai Simon.

Pelatih Luis Enrique memasukkan Alvaro Morata dari bangku cadangan, dan sang striker Juventus sukses menyamakan skor untuk La Roja setelah bekerja sama dengan Olmo, sebelum menaklukkan Donnarumma ketika hanya berhadapan satu lawan satu. Itu menjadi gol ketiganya di turnamen ini, dan menjadikannya top skor untuk Spanyol, terlepas dari banyaknya kecaman terhadap sang striker berusia 28 tahun.

Laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu dan Negeri Iberia kembali memberi ancaman, dengan Gerard Moreno mengirim bola ke Morata yang menunggu di kotak penalti, yang masih bisa  diselamatkan oleh Donnarumma.

Berardi sempat berhasil menjaringkan bola ke gawang Simon pada menit ke-110, namun hakim garis sudah mengangkat benderanya dan wasit menganulir gol tersebut karena offside.

Pertandingan ditentukan oleh adu penalti, dan para penendang dari masing-masing tim, yaitu Manuel Locatelli dan Dani Olmo, gagal melaksanakan tugasnya. Di penendang keempat, Morata maju sebagai eksekutor dan Donnarumma sukses menggagalkannya. Keberhasilan Jorginho sebagai penendang kelima menuntaskan laga untuk kemenangan Italia.

Pertandingan final Piala Eropa 2020 akan kembali digelar di Wembley Stadium, London, pada Senin (12/7) dini hari WIB, dengan skuat asuhan Roberto Mancini akan menghadapi pemenang antara Inggris dan Denmark.

Hasil pertandingan Piala Eropa 2020

Italia 1-1 Spanyol (adu penalti 4-2) — (Federico Chiesa 60'; Alvaro Morata 80')

Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Chiellini, Emerson (Toloi 74'); Barella (Locatelli 85'), Jorginho, Verratti (Pessina 74'); Chiesa (Bernardeschi 107'), Immobile (Berardi 61'), Insigne (Belotti 85').

Spanyol (4-3-3): Simon; Azpilicueta (M. Llorente 85'), E. Garcia (P. Torres 109'), Laporte, Alba; Koke (Rodri 70'), Busquets (Thiago 106'), Pedri; Oyarzabal (G. Moreno 70'), Olmo, F. Torres (Morata 62').

Artikel Tag: Italia, Spanyol, Piala Eropa 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/italia-lolos-ke-final-usai-kalahkan-spanyol-lewat-drama-adu-penalti
451  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini