Inilah Dosa Besar Pep Guardiola yang Bikin Manchester City Terpuruk

Penulis: Demos Why
Minggu 02 Feb 2020, 16:37 WIB
Inilah Dosa Besar Pep Guardiola yang Bikin Manchester City Terpuruk

Pep Guardiola (Foto: Martin Rickett/PA Images via Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Legenda Liverpool, Graeme Souness, menyebut Pep Guardiola telah melakukan satu kesalahan besar yang membuat Manchester City terpuruk di musim ini. Kesalahan tersebut adalah kegagalan sang manajer dalam merancang rencana bagi lini pertahanan City dengan tak mendatangkan pemain pengganti bagi Vincent Kompany.

Performa Manchester City di musim ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya. Bahkan peluang mereka untuk mempertahankan trofi juara yang ketiga kalinya secara beruntun terancam gagal karena hingga kini mereka terpaut 22 poin dengan Liverpool yang masih perkasa di pucuk klasemen.

Mengomentari penurunan performa Man City di musim ini lantas mendapatkan perhatian dari Souness. Dia menilai terpuruknya City tak bisa lepas dari kegagalan Guardiola dalam menyusun rencana bagi pertahanan timnya. Salah satu kesalahan paling mendasar yang dilakukan oleh sang manajer adalah tak mendatangkan pengganti bagi Kompany yang meninggalkan Etihad Stadium di penghujung musim lalu.

"Jika dilihat dari luar, Guardiola sebenarnya tak pernah yakin dengan duet bek tengah di pertahanan timnya," buka Souness kepada Times.

"Saat dia menghabiskan dana sekitar 60 juta poundsterling untuk mendatangkan seorang bek kanan, Joao Cancelo, dari Juventus pada musim panas lalu, saat itu saya pikir bek tengah adalah prioritas dirinya."

"Guardiola telah kehilangan Kompany dan begitu kompetisi dimulai dia juga kehilangan Aymeric Laporte karena cedera. Dia tahu masih memiliki pemain lain seperti John Stones, namun kondisi fisiknya tak 100 persen meyakinkan. Nicolas Otamendi melakukan pekerjaan dengan baik ketika dia bermain, namun kita semua tahu apa kekurangannya."

"Lalu ada reaksi berantai. Dia memindahkan posisi Fernandinho dari lini tengah untuk menjadi bek tengah karena pemain ini memiliki kemampuan lebih baik untuk melakukan itu ketimbang Rodri. Jadi ini masalah utama City saat ini."

Tak cukup sampai di situ, Souness sendiri menilai Man City harus segera mencari penerus bagi Sergio Aguero. Namun untuk hal ini Souness mengaku yakin Guardiola akan mendatangkan striker top ke Etihad.

"Masih tersisa satu tahun lagi dalam kontrak Sergio Aguero, namun Guardiola akan mencari penggantinya dengan mendatangkan striker papan atas," pungkasnya.

Artikel Tag: Pep Guardiola, Manchester City, Graeme Souness

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/inilah-dosa-besar-pep-guardiola-yang-bikin-manchester-city-terpuruk
9041  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini