Ini Alasan Dipilihnya Hansamu Sebagai Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF

Penulis: Dayat Huri
Jumat 09 Nov 2018, 10:07 WIB
Ini Alasan Dipilihnya Hansamu Sebagai Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF

Hansamu Yama Pranata pimpinan timnas Indonesia di Piala AFF 2018/foto pssi

Berita Timnas Indonesia: Meski pada Piala AFF 2018 ini skuat timnas Indonesia dihuni beberapa pemain senior, Bima Sakti memastikan, centre back berusia 23 tahun, Hansamu Yama Pranata yang akan memimpin timnya pada turnamen dua tahunan itu.

Pemilihan Hansamu Yama Pranata sebagai kapten tim diputuskan Bima Sakti berdasarkan berbagai pertimbangan. Di antaranya adalah pengalaman Hansamu yang sudah cukup banyak bersama timnas Indonesia meski di usia yang masih relatif muda. Ia bahkan sudah menjadi bagian skuat Garuda saat merebut posisi runner up pada 2016 lalu.

"Kapten kami pilih Hansamu Yama karena dia sudah menjadi kapten dari SEA Games dan Asian Games, jadi sudah lebih mengerti bagaimana kondisi semua pemain. Jadi kami menerapkan semua pemain itu pemain inti dan tidak ada cadangan," kata Pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti seperti dilansir laman resmi pssi.

Di Piala AFF 2018 ini, timnas Indonesia dijadwalkan melakoni pertandingan perdana dengan menghadapi Singapura di National Stadium, Kalang, Jumat (9/11) malam nanti.

Bima Sakti menyebut, penting bagi timnya untuk bisa mengamankan tiga angka pada laga nanti. Karena pertandingan pertama seringkali menentukan langkah tim untuk ke depannya.

"Kami akan mencoba untuk bermain bagus dan fokus pada semua pemain lawan. Kami butuh poin penuh di Singapura untuk pertandingan selanjutnya melawan Timor Leste," kata Bima.

Sementara itu, Hansamu Yama yang diberi memimpin skuat Garuda untuk bisa memutus kutukan tak pernah juara mengaku siap mengemban amanah tersebut dan akan memberikan penampilan terbaiknya di setiap pertandingan.

"Kalau masalah kapten itu pilihan pelatih. Seperti kata pelatih, di tim ini tidak ada istilah pemain inti atau cadangan. Jarak usia kami sekarang juga enggak jauh beda dengan pemain senior. Para pemain senior juga baik-baik, terus kami sering sharing masalah tim, jadi itu enggak ada masalah," terang Hansamu Yama.

Artikel Tag: timnas Indonesia, Bima Sakti, Piala AFF, hansamu yama pranata, AFF 2018

513