Ini Aktivitas Eks Penggawa Asing Bali United yang Sudah Pensiun

Penulis: Dayat Huri
Senin 07 Nov 2022, 00:30 WIB
Dua pemain asing Bali United yang sudah pensiun, Nick van Der Velden dan Sylvano Comvalius

Dua pemain asing Bali United yang sudah pensiun, Nick van Der Velden dan Sylvano Comvalius/foto dok Bali United

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Sebagai salah satu tim papan atas di Liga 1 Indonesia, Bali United telah mendatangkan cukup banyak pemain asing untuk memperkokoh tim. Beberapa diantara pemain impor yang pernah didatangkan Serdadu Tridatu bahkan sudah ada yang gantung sepatu.

Pada awal kemunculannya, Bali United memang cukup akrab dengan para pemain asal Negeri Kincir Angin, Belandang. Beberapa diantaranya sudah pensiun, ini beberapa diantaranya.

1. Nick van Der Velden

Tidak banyak pemain Belanda yang pernah berkarir di Indonesia, Nick van Der Velden salah satunya. Dia direkrut pada awal musim 2017. Dua musim bersama tim kebanggaan Semeton Dewata itu, dia tampil dalam 58 pertandingan dengan sumbangsih lima gol dan dua assist.

Pemain yang saat aktif bermain menempati posisi sebagai sayap kanan itu telah memutuskan pensiun pada tahun 2020 lalu. Selepas memutuskan gantung sepatu, eks pemain AZ Alkmaar itu memilih berkarier sebagai pelatih klub junior di Belanda. Dua tim muda sudah merasakan tangan dinginnya yakni AFC Amsterdam sebagai asisten pelatih dan AZ Alkmaar U-14 sebagai pelatih.

2. Sylvano Comvalius

Sylvano Comvalius memperkuat Bali United pada 2017 lalu itu sempat menjadi pujaan Semeton Dewata, terutama saat mengarungi Liga 1 musim 2017, dia tampil sangat produktif dengan mengemas 37 gol dan 11 assist dari 34 penampilan.

Sayang, kebersamaan itu tidak berlangsung lama. Sebab, pemain berpostur 192 cm tersebut memutuskan hengkang pada tahun 2018 lalu ke klub Suphanburi FC. Setelah puas melanglang buana ke sejumlah tim termasuk Arema FC (2019–2020) dan Persipura (2020), Sylvano Comvalius memutuskan gantung sepatu pada 1 Juni 2021 lalu. Klub terakhir yang dibelanya adalah Quick Boys yang berasal dari Belanda.

Kini, pria kelahiran Amsterdam tersebut pun masih dekat dengan dunia kulit bulat. Melalui proyek pengelolaan bakat pemain sepak bola jalanan di kota kelahirannya bertajuk Street Soccer Golden Generation of Amsterdam. Dia pun aktif terlibat mendidik pesepak bola jalanan di ibu kota Belanda tersebut menjadi seorang pemain profesional.

3. Paulo Sergio

Paulo Sergio merupakan pemain andalan dalam skuat Bali United tahun 2018-2019. Didatangkan dari Bhayangkara FC, ia mampu menunjukan performa memikat selama berseragam Serdadu Tridatu.

Gelandang serang lincah itu pun turut berperan besar mengantarkan Bali United merengkuh trofi juara Liga 1 untuk kali pertama pada 2019 lalu. Gelar tersebut sekaligus menggenapkan koleksi pribadinya menjadi dua setelah sebelumnya merengkuhnya bersama The Guardian pada tahun 2017 silam.

Paulo Sergio pun memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Bali United pada tahun 2020 silam karena urusan pribadi. Serdadu Tridatu jadi klub terakhir yang dibelanya di kancah profesional.

Kini, selepas gantung sepatu, eks pesepak bola yang identik dengan nomor punggung 80 itu menggeluti dunia bisnis. Salah satunya adalah di bidang otomotif tepatnya jual beli mobil bernama Spautomotivecar di negara asalnya, Portugal.

4. Kiko Insa

Pemain asal Spanyol ini pernah menjadi bagian Serdadu Tridatu pada 2016 lalu dengan status pinjaman dari Arema FC. Ia pun sempat bermain sebanyak 9 kali dan mencetak 2 gol di kompetisi nasional.

Kiko Insa pun memutuskan pensiun pada tahun 2021 lalu usai membela Johor Darul Ta’azim. Kini, pemain kelahiran Cocentaina, Spanyol itu diketahui mengelola perusahaan agen pemain bernama Insa Project Global Group.

Artikel Tag: Bali United, Liga 1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/ini-aktivitas-eks-penggawa-asing-bali-united-yang-sudah-pensiun
561  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini