Inggris Menang Adu Penalti, Alan Shearer Puji Strategi Gareth Southgate

Penulis: Fery Andriyansyah
Senin 08 Jul 2024, 20:00 WIB
Gareth Southgate merayakan keberhasilan Inggris lolos ke semifinal Euro 2024

Gareth Southgate merayakan keberhasilan Inggris lolos ke semifinal Euro 2024. (Foto: Jonathan Moscrop/Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Eropa: Alan Shearer percaya bahwa 'timing' pergantian pemain yang dilakukan Gareth Southgate membuat perbedaan besar dalam kemenangan adu penalti Inggris atas Swiss di perempat final Euro 2024 pada Sabtu (6/7) lalu.

Inggris tertinggal dari Swiss melalui gol Breel Embolo pada menit ke-75 yang disarangkan di tiang jauh. Bukayo Saka menyamakan kedudukan hanya lima menit kemudian, melakukan tusukan dari sisi kanan sebelum melepaskan tembakan keras ke tiang jauh. Tidak ada tim yang berhasil mencetak gol kemenangan dalam 40 menit berikutnya, sehingga pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti.

The Three Lions tampil sempurna, di mana Cole Palmer, Jude Bellingham, Saka, Ivan Toney, dan Trent Alexander-Arnold semuanya berhasil mengeksekusi penalti, sementara Jordan Pickford melakukan penyelamatan untuk menggagalkan tendangan Manuel Akanji yang membantu memastikan kemenangan 5-3. Meskipun ini adalah kemenangan ketiga Inggris dalam empat adu penalti di bawah Gareth Southgate, ini adalah percobaan pertama mereka sejak kalah dalam final Euro 2020 melalui adu penalti melawan Italia.

Menurut Alan Shearer, perbedaannya adalah Southgate membawa pemain seperti Palmer, Alexander-Arnold, dan Toney dari bangku cadangan lebih awal, memberi mereka kesempatan untuk masuk ke dalam permainan sebelum mengambil penalti. Sebaliknya, Jadon Sancho dan Marcus Rashford sama-sama gagal dalam adu penalti di final Euro 2020 setelah hanya melakukan empat sentuhan bola setelah masuk sebagai pemain pengganti di menit-menit akhir.

“Rasa lega adalah hal pertama yang saya rasakan setiap kali Inggris menang dalam adu penalti, namun bagi para pemain kami saat melawan Swiss pada Sabtu, hal tersebut tidak menjadi masalah,” tulis Shearer dalam kolomnya untuk BBC Sport. “Tekanan? Tekanan apa. Mereka semua mengeksekusi penalti dengan sempurna, dan itu luar biasa untuk ditonton.

“Gareth pantas mendapat banyak pujian untuk itu, karena Anda harus mengingat apa yang terjadi di final Euro terakhir, ketika kami kalah dalam adu penalti melawan Italia tiga tahun lalu. Malam itu, dia tidak melakukan perubahan untuk memasukkan pemain yang mengambil penalti dengan cukup cepat. Marcus Rashford dan Jadon Sancho masuk pada detik-detik terakhir perpanjangan waktu, dan keduanya gagal dari titik penalti.

“Kali ini, saya pikir waktu Gareth dalam memasukkan Ivan Toney dan Trent Alexander-Arnold dengan beberapa menit tersisa memberi mereka cukup waktu untuk tenang menghadapi adu penalti, seperti yang mereka tunjukkan ketika mereka maju.”

Artikel Tag: Alan Shearer, Gareth Southgate, Timnas Inggris, EURO 2024, Piala Eropa 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/inggris-menang-adu-penalti-alan-shearer-puji-strategi-gareth-southgate
678  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini