Ilkay Gundogan Jelaskan Mengapa Jerman Tak Lakukan Gestur Tutup Mulut Lagi

Penulis: Rei Darius
Selasa 29 Nov 2022, 20:00 WIB
Ilkay Gundogan

Ilkay Gundogan jelaskan mengapa Jerman tak lagi lakukan gestur tutup mulut (Image: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Dunia: Ilkay Gundogan menjelaskan mengapa timnas Jerman tak mengulangi gestur tutup mulut ketika menghadapi Spanyol dalam pertandingan kedua mereka di Piala Dunia 2022.

Der Panzer menjadi perbincangan setelah laga perdana mereka di Piala Dunia 2022. Selain karena dikalahkan secara mengejutkan dengan skor 1-2 oleh Jepang, juga karena gestur tutup mulut mereka saat melakukan sesi foto tim sebelum kick-off.

Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) kemudian menjelaskan di media sosial bahwa itu merupakan tindakan untuk memprotes tindakan FIFA yang memaksa mereka untuk tidak mengenakan ban kapten OneLove yang berkaitan dengan LGBT.

Namun gestur yang sama tidak diulangi di laga kedua kontra Spanyol, dan Ilkay Gundogan mengakui bahwa hal itu dipengaruhi oleh kekalahan dari Jepang, karena timnas Jerman perlu segera fokus dengan raihan di lapangan setelah menderita hasil minor di partai pembuka.

"Kami memiliki sejumlah pemain yang kesal kepada FIFA, karena tentu saja, keadaan tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan oleh tim," kata Gundogan dalam konferensi persnya.

"Kami telah melaksanakan diskusi bersama tim dan pada akhirnya, telah diputuskan bahwa kami akan melakukan gestur ini untuk menentang FIFA. Jika Anda melakukan sesuatu, maka Anda melakukannya sebagai tim."

Dari segi individu, Gundogan sendiri menyebut bahwa dirinya hanya ingin fokus kepada sepak bola pada saat ini, bukan kepada aksi-aksi politis.

"Sejujurnya, sudut pandang saya sekarang adalah politik sudah selesai. Kini hanya tinggal sepak bola, nikmati dan rayakan, jadi itu adalah hal yang paling penting," tandasnya.

Artikel Tag: Ilkay Gundogan, Timnas Jerman, Piala Dunia 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/ilkay-gundogan-jelaskan-mengapa-jerman-tak-lakukan-gestur-tutup-mulut-lagi
751  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini